13.9 C
New York
Friday, April 12, 2024

Faktor Teknikal, Pasar Keuangan Diproyeksikan Bergerak Mendatar

Medan, MISTAR.ID

Selama sesi perdagangan diprediksi sepekan kedepan minim sentimen. Hal ini kembali menggiring kinerja pasar keuangan bergerak dengan lebih banyak dipengaruhi oleh faktor teknikal.

Disebutkan Analis Keuangan Sumatera Utara (Sumut) Gunawan Benjamin, pada kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksikan akan bergerak dalam rentang 7.250 hingga 7.350 selama sesi perdagangan sepekan kedepan.

Pelaku pasar juga akan lebih banyak mengambil sikap wait and see menanti perkembangan data inflasi Amerika Serikat (AS) serta pernyataan Gubernur Bank Sentral AS di hari Jumat mendatang.

“Sementara itu, mata uang Rupiah kinerjanya bisa saja berbeda dengan kinerja IHSG. Meskipun pada dasarnya tidak ada agenda ekonomi penting yang bisa mempengaruhi kinerja mata uang Rupiah selama sepekan ke depan. Tapi, Rupiah diproyeksikan akan bergerak dalam rentang 15.650 hingga 15.800 selama perdagangan sepekan kedepan,” kata Gunawan, Senin (25/3/2024).

Baca juga: Dukung Transaksi Keuangan Digital, Pengguna Baru QRIS di Sumut Terus Berlanjut

Di akhir pekan nanti, AS akan merilis data inflasinya. Sayangnya, sejauh ini inflasi AS diproyeksikan masih akan bergerak mendatar. Ekspektasi kinerja inflasi AS sejauh ini belum bisa dijadikan rujukan apakah The FED nantinya akan lebih cepat dalam memangkas besaran bunga acuannya, atau justru kian jauh dari kemungkinan pemangkasan bunga acuan dalam waktu dekat.

“Di sisi lain kinerja sejumlah bursa di Asia pada perdagangan hari ini terpantau bergerak sideways. IHSG dibuka melemah di level 7.344. Di sisi lainnya, kinerja mata uang Rupiah ditransaksikan melemah di kisaran level 15.780 per US Dollar. Ekspektasi inflasi yang mengarah pada kemungkinan laju tekanan yang tetap mampu bertahan di level sebelumnya menjadi indikasi bahwa The FED bisa saja bersikap hawkish di akhir pekan,” jelasnya.

Sementara itu, pada harga emas juga kembali ditransaksikan menguat di kisaran level $2.176 per ons troy nya. (anita/hm17)

Related Articles

Latest Articles