6.9 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Dukung Transaksi Keuangan Digital, Pengguna Baru QRIS di Sumut Terus Berlanjut

Medan, MISTAR.ID

Guna mendukung transaksi keuangan digital, Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Utara (Sumut) terus melakukan strategi perluasan pengguna baru QRIS secara berlanjut.

Hal ini sejalan dengan tujuan pencapaian target QRIS 2024 sebesar 55 juta pengguna dan Rp2,5 miliar transaksi.

Di wilayah Sumut sendiri, disebutkan Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut, Suharman Tabrani memiliki target 395 ribu pengguna baru dan 60 juta volume transaksi.

Baca juga : Sistem Pembayaran Non Tunai (QRIS) di Sumut Meningkat

“Nah, untuk strategi perluasan QRIS di wilayah Sumut pada tahun 2024 berfokus pada optimalisasi pada program/objek strategis di daerah yang berkelanjutan dengan kolaborasi aktif bersama stakeholder baik PJP Bank dan NonBank, Pemerintah Daerah, Akademisi, dan Komunitas lainnya,” terangnya, Jumat (22/3/24).

Menurutnya, Bank Indonesia juga menekankan kepada perbankan mengenai penguatan keamanan dan perlindungan konsumen serta mendukung penguatan maupun perbaikan pada infrastruktur jaringan di Sumut.

“Jumlah merchant QRIS di Sumatera Utara terus meningkat. Hingga bulan November 2023, jumlah merchant QRIS di Sumatera Utara telah mencapai 1,17 juta merchant atau tumbuh 26% (yoy), dengan proporsi terbesar pada segmen skala usaha mikro dengan pangsa mencapai 58,80%. Secara spasial, jumlah merchant QRIS tertinggi berada di Kota Medan dengan total merchant mencapai 532,9 ribu atau 45% dari total merchant,” ucapnya.

Related Articles

Latest Articles