16.3 C
New York
Monday, September 30, 2024

Menteri Investasi Beberkan Investor Asing Baru Masuk ke IKN

Jakarta, MISTAR.ID

Menteri Investasi/Kepala BKPM Rosan Roeslani mengatakan, pemerintah terus proaktif menawarkan proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) ke investor asing.

Dia juga memberi bocoran investasi asing baru yang akan datang ke IKN, salah satunya berasal dari Singapura.

Beberapa investor asing dari China, Rusia dan Australia mulai masuk ke proyek IKN. Ketiga investor telah melakukan groundbreaking, seperti perusahaan properti dari China, Delonix Group, Magnum Investment yang bermitra dengan investor Rusia, serta Australian Independent School.

Baca juga:10 Saham Ini Diborong Investor Asing

“Saya pun juga telah dari Singapura, dan baru tanda tangan untuk investasi di bidang pendidikan dari Raffles Education Center, itu juga berniat membuka sekolah di IKN,” ungkapnya usai acara Anugerah Layanan Investasi (ALI) 2024 di Hotel Mulia, Jakarta, pada Senin (30/9/24).

Singapura juga telah masuk di proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya IKN melalui kerja sama dengan PLN. Kedua pihak membangun pembangkit berkapasitas 50 MW senilai US$ 70 juta atau sekitar Rp1 triliun yang ditargetkan bisa beroperasi penghujung Desember tahun ini.

Dirangkum dari keterangan PLN, kapasitas 10 MW dibangun oleh sinergi anak perusahaan PLN Nusantara Power, sedang 40 MW, dan sisanya dikerjakan PT Nusantara Sembcorp Solar Energi (NSSE) yang merupakan Joint Venture Company milik PLN Nusantara Renewables dan SembCorp Utilities Pte.Ltd.

Baca juga:DFL Batalkan Pencarian Investor Asing

“Sembcorp perusahaan asal Singapura mereka telah mulai investasi untuk solar, solar plant sebesar 50 MW itu sudah mulai berjalan dan diharapkan pada akhir Desember ini sudah dapat beroperasi. Investasinya kurang lebih US$ 70 juta atau Rp1 triliun lebih ya,” tukas Rosam.

Sementara proyek yang telah groundbreaking di IKN masih terus dikerjakan. Rosan optimis investasi di IKN akan terus bergulir dengan beberapa investor asing yang terus dibidik masuk Ibu Kota Baru.

Disebutkan, ekosistem dan penunjang IKN sudah mulai terbentuk. Apalagi ke depannya IKN akan dilengkapi oleh bandara yang telah diuji coba langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). (dtk/hm16)

Related Articles

Latest Articles