26.7 C
New York
Friday, August 2, 2024

Harga Cabai dan Bawang Merah Turun, Siantar Alami Deflasi Periode Juli 2024

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Harga komoditas cabai merah dan bawang merah yang kompak turun, memaksa Kota Pematangsiantar mengalami deflasi pada periode Juli 2024 sebesar 0,31 persen.

Adapun komoditas yang memiliki andil deflasi terbesar Kota Pematangsiantar antara lain, bawang merah 0,21 persen, cabai merah -0,20 persen, daging ayam ras 0,09 persen, tomat -0,08 persen dan jeruk 0,05 persen.

Demikian rilis perkembangan inflasi yang disampaikan Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Pematangsiantar, Muqorobin, melalui pihak Unit Data Statistik dan Kehumasan (UDSK) Kantor Perwakilan BI Pematangsiantar.

Baca juga: Gejolak Harga Pangan, Selama 3 Bulan Indonesia Deflasi

Terjadinya deflasi khususnya pada penurunan harga cabai merah dan bawang merah disebabkan oleh faktor meningkatnya stok akibat panen raya cabai merah dan bawang merah di wilayah Simalungun dan sekitarnya.

Sisi lain peran Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) semakin matang dengan mampu mempersiapkan kemungkinan kenaikan harga pada Semester II 2024 dengan mengadakan kegiatan pasar murah, Kerja Sama Antar Daerah (KAD), rapat koordinasi dan High Level Meeting (HLM) serta gerakan tanam.

Sementara itu kenaikan harga beras secara tren historis diperkirakan akan naik selama semester II 2024, di mana harga berfluktuasi mengikuti kondisi pasokan panen beras. (ferry/hm17)

Related Articles

Latest Articles