8 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Anggaran Rp50 Triliun Diblokir, Kemendag Soroti Dampak ke Ekspor RI

Semarang, MISTAR.ID

Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengharapkan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) segera membuka kembali anggaran yang sempat diblokir imbas adanya kebijakan automatic adjustment pada pertengahan 2024, karena dinilai berdampak terhadap program penguatan ekspor yang telah dicanangkan pemerintah.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag, Didi Sumedi mengatakan, pihaknya telah merancang anggaran 2024 dimana salah satunya dimanfaatkan untuk penguatan ekspor nasional.

Sayangnya, dengan adanya kebijakan automatic adjustment, Kemendag tidak dapat maksimal dalam melakukan penguatan ekspor nasional.

“Sebenarnya kita sudah merancang anggaran di 2023, sekarang kan ada automatic adjustment dan lain-lain, itu yang terkena (program penguatan ekspor). Tapi mudah-mudahan bisa dibuka lagi di pertengahan tahun,” ujar Didi di sela-sela rapat kerja Kemendag 2024, Selasa (20/2/24).

Baca Juga : Kemendagri Sebut Penyaluran Bapang Lamban, Bulog Siantar: Data Kemensos Belum Datang

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, melanjutkan regulasi automatic adjustment dalam pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) TA 2024.

Kebijakan blokir sementara atau automatic adjustment belanja kementerian/lembaga tahun anggaran 2024 ditetapkan sebesar Rp50,14 triliun itu tertuang dalam Surat Menteri Keuangan nomor S-1082/MK.02/2023 tertanggal 29 Desember 2023,

Terdapat beberapa pos-pos anggaran yang diutamakan untuk diblokir sementara seperti honor hingga belanja barang operasional. Kendati demikian, kementerian/lembaga dapat mengajukan usulan relaksasi automatic adjustment pada semester II/2024 jika terdapat kebutuhan prioritas. (bc/hm24)

Related Articles

Latest Articles