14.3 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Ini 5 Masalah Menyusui yang Paling Umum dan Cara Mengatasinya

MISTAR.ID

Menyusui tidak hanya penting untuk bayi tetapi juga bermanfaat bagi ibu. ASI memberi bayi semua nutrisi penting yang dibutuhkan untuk perkembangan yang sehat. Ini juga meningkatkan sistem kekebalan bayi. Itulah mengapa ASI dianggap sebagai hadiah terbaik yang bisa diberikan ibu kepada anaknya.

Manfaat tambahan lain dari menyusui adalah ibu yang menyusui mengalami penurunan berat badan lebih banyak daripada wanita yang tidak menyusui anaknya. Menyusui menurunkan risiko diabetes, kanker payudara, dan kanker ovarium.

Tapi menyusui tidak mudah untuk semua orang. Banyak wanita menghadapi beberapa tantangan saat mereka mulai menyusui bayi mereka. Terkadang masalah dapat muncul bahkan ketika Anda telah mempelajari cara menyusui bayi Anda dengan benar.

Masalah-masalah ini dapat menyebabkan Anda dan bayi Anda mengalami berbagai masalah. Untuk membantu Anda, berikut kami daftar lima masalah menyusui yang umum dan cara mengatasinya.

Baca juga: 5 Tips Singkat dan Cepat untuk Pria agar Tetap Segar dan Rapi

Pembengkakan payudara

Setelah melahirkan, suplai ASI meningkat yang membuat payudara Anda mengeras. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit, yang biasanya mereda dalam beberapa minggu. Yang dapat Anda lakukan: Ketidaknyamanan dapat dikurangi dengan sering menyusu, menggunakan kompres panas dan dingin sebelum dan sesudah menyusui. Anda juga dapat mencoba memijat payudara Anda saat menyusui bayi.

Payudara dengan ASI yang deras

Ini cukup umum terjadi setelah minggu pertama kelahiran bayi Anda.
Apa yang dapat Anda lakukan: Anda tidak dapat mengontrol derasnya ASI, tetapi hanya dapat mengatasi masalah dengan memakai busa atau pad khusus untuk menahan aliran ASI dan menyediakan beberapa stok tambahan di rumah. Anda bisa memilih untuk mengenakan pakaian berwarna gelap agar merembesnya ASI tidak terlihat oleh orang di sekitar Anda.

Mastitis

Mastitis adalah suatu kondisi dimana jaringan payudara mengalami peradangan. Ini bisa terjadi karena drainase atau saluran untuk mengalirkan ASI yang tidak mencukupi. Ini bisa disebabkan oleh bakteri yang masuk ke payudara Anda atau saluran susu yang tersumbat. Apa yang dapat Anda lakukan: Anda harus menemui dokter Anda. Dan dokter akan meresepkan Anda antibiotik untuk mengatasi masalah tersebut.

Baca juga: Ini Tips Amankan Ponsel Android dari Kejahatan Siber

ASI yang sedikit

Pasokan ASI yang sedikit adalah masalah umum lainnya pada ibu baru. Ini bisa terjadi karena berbagai alasan termasuk beberapa alasan medis. Yang dapat Anda lakukan: Pastikan bayi Anda menyusu dengan benar dan biarkan bayi Anda menyusui dari kedua payudara saat Anda menyusui mereka.

Menyusui lebih sulit di awal. Namun sebagian besar masalah ini akan hilang dalam beberapa minggu atau hari. Jika masih ada masalah, Anda harus berkonsultasi dengan spesialis laktasi.

Cara memancing keinginan isap bayi yang salah

Mungkin sulit untuk memancing bayi untuk menghisap saat Anda mulai menyusuinya. Tetapi Anda perlu terus berusaha karena bayi Anda perlu diberi makan dengan baik.
Yang dapat Anda lakukan: Semakin banyak Anda berlatih, semakin Anda menjadi lebih baik. Anda bahkan dapat meminta saran dari para ahli atau anggota keluarga di rumah yang sudah pernah menyusui.(TimesofIndia/ja/hm07)

Related Articles

Latest Articles