24.4 C
New York
Tuesday, July 16, 2024

Bulog Siantar Siap Membeli Jagung ke Petani untuk Stabilkan Harga

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Pimpinan wilayah Perum Bulog Cabang Pematangsiantar, Matius menyatakan kesiapannya untuk menyerap panen jagung di bawah harga pembelian pemerintah (HPP) guna menjaga stabilitas harga di wilayah kerjanya.

“Instruksi penyerapan jagung sudah diperintahkan ke kami. Sesuai penugasan dari kantor pusat dalam rangka mengatasi anjloknya harga jagung di musim panen ini,” ujarnya pada Kamis (20/6/24).

“Kita telah mempersiapkan diri untuk melakukan penyerapan jagung dengan bekerja sama dengan pengusaha dan peternak untuk mengeringkan jagung hasil serapan panen petani,” jelasnya lagi.

Baca juga: Petani Jagung di Simalungun Menjerit, Biaya Produksi Tinggi Harga Anjlok

Terkait pembelian jagung di petani, Matius menyebutkan, Bulog tetap mengacu dari harga yang ditetapkan Bappanas untuk jagung pipilan kering tingkat produsen Bulog membeli dengan harga Rp5.000 per kilogram dengan kondisi kadar air 15% kemudian Rp4.725 per kilogram untuk kadar air 20%, Rp.4.450 kadar air 25% dan Rp4.200 dengan kadar air 30%.

“Untuk jagung dengan kadar air di atas 15% kami membeli melalui perusahaan pengepul dengan harga yang ditetapkan Bappanas,” pungkasnya. (abdi/hm17)

Related Articles

Latest Articles