27.9 C
New York
Thursday, June 20, 2024

KONI Sumut Targetkan Pelatda Penuh Atlet PON Dimulai 20 Juni Ini

Medan, MISTAR.ID

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Utara (Sumut) menargetkan sentralisasi atlet atau yang dikenal Pelatda Penuh akan dimulai pada akhir bulan Juni 2024 ini.

“Iya kita harap tanggal 20 Juni mereka (Pengprov) sudah sentralisasi di sentra pelatihan masing-masing,” ujar Ketua KONI Sumut, John Ismadi Lubis, Jumat (14/6/24).

Jhon mengatakan Pelatda penuh tersebut sebagai pemantapan persiapan atlet yang akan dilakukan hingga menjelang PON 2024 nantinya.

Baca juga: KONI Sumut Pastikan Sebagian Cabor PON Pelatda Penuh pada Bulan Juni

“Sentralisasi ini kita lakukan sampai PON dan nanti rencananya di bulan terakhir pemerintah akan mengambil alih untuk melakukan sentralisasi atlet,” ungkapnya.

Dirinya mengatakan Pelatda penuh pada bulan ini diberlakukan untuk Cabang Olahraga (Cabor) yang berkategori super prioritas.

“Hanya sebagian atlet yang punya kategori satu dan dua atau atlet unggulan saja. Kategori satu itu atlet peraih medali emas di tahun 2023-2024 pada Kejurnas lalu medali perak dan perunggu di Kejurnas masuk kategori dua,” tuturnya.

Baca juga: Terkendala Dana, KONI Sumut Blak-blakan Soal Pelatda Penuh Diundur Jadi Juni 2024

John mengatakan Pelatda penuh Juni ini akan dilakukan di Pengurus Provinsi (Pengprov) cabor masing-masing.

“Dilaksanakan Pengprov masing-masing dan kita biayain. Jadi, nanti atlet kumpulkan di markas mereka. Disitu latihan dan menginap,” sebutnya.

Sebelumnya, John mengatakan Pelatda penuh sebagian lainnya akan dilakukan satu bulan sebelum PON 2024.

“Sebagian mulai bulan ini, sedangkan yang lainnya dilakukan pada sebulan sebelum PON,” pungkasnya. (iqbal/hm17)

Related Articles

Latest Articles