6.8 C
New York
Wednesday, October 16, 2024

Pesta Siaga Pramuka Kwarcab Sibolga Harapkan Penerapan Dwi Satya dan Dwi Darma

Sibolga, MISTAR.ID

Perkemahan Prestasi Pramuka Siaga (Pesta Siaga) Pramuka Tahun 2024 Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Sibolga digelar di Lapangan Simare-mare, Rabu (16/10/24).

Acara ini dibuka Ketua TP PKK Kota Sibolga Farida Hanum Siregar dan diikuti 6 SD di Kota Sibolga 2 Madrasah/SD dari Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng).

Farida Hanum Siregar menyampaikan harapannya agar Pesta Siaga Pramuka terus dikembangkan sehingga peserta dapat membentuk kemandirian, kedisiplinan, serta penerapan Dwi Satya dan Dwi Darma Pramuka.

“Bunda berpesan, teruslah berkarya dan berkreasi. Awali masa siaga ini dengan kegiatan positif dan produktif yang bermanfaat, sehingga Dwi Satya dan Dwi Darma Pramuka dapat diterapkan,” harapnya.

Baca juga: Polairud dan Stasiun Radio Pantai Sibolga Koordinasi Cuaca untuk Jaga Keselamatan Pelaut

Ia juga menekankan, bahwa menang atau kalah dalam perlombaan adalah hal biasa, yang terpenting adalah menjaga semangat, kekompakan, dan persaudaraan.

“Saya juga berpesan kepada Dinas Pendidikan Kota Sibolga agar SD di Kota Sibolga semakin berpartisipasi di masa depan di bidang Pramuka,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Halimatus Sa’diyah Siregar menjelaskan, bahwa acara ini digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke-63 dan merupakan kegiatan rutin yang telah dilaksanakan selama tiga tahun berturut-turut pada masa kepemimpinan Wali Kota Sibolga Jamaluddin Pohan.

Baca juga: Polres Sibolga Berikan Motivasi dan Edukasi pada Pelajar

Ketua Kwarcab Pramuka Kota Sibolga, Arya Wirawan Panjaitan menambahkan bahwa lomba tahun ini meliputi tiga materi utama yakni lomba tata upacara bendera, pembuatan tiang bendera dan yel-yel semangat.

“Namun perlu ditegaskan, Pesta Siaga ini bertujuan adalah untuk membentuk kemandirian, kedisiplinan, serta penerapan Dwi Satya dan Dwi Darma Pramuka dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Arya.

Menurutnya, acara yang diwarnai dengan semangat kekompakan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman berharga dan semakin memperkuat gerakan Pramuka di Kota Sibolga. (feliks/hm25)

Related Articles

Latest Articles