10 C
New York
Sunday, May 12, 2024

Kadinsos Taput Minta Warga Manfaatkan Bansos agar Hidup Lebih Baik

Taput, MISTAR.ID

Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Denny Simamora meminta masyarakat penerima bantuan sosial dari pemerintah pusat, seperti PKHM, BPNT dan lainnya, agar memanfaatkannya dengan baik untuk keberlangsungan hidup yang lebih baik di kemudian hari.

Pada kesempatan ini ia menyebutkan bahwa sebanyak 199846 jiwa atau 56745 Kepala Keluarga (KK) warga Taput telah terdaftar di DTKS, penerima bantuan PKH 12341 KK, Penerima PBI JKN sebanyak 99730 Jiwa dan penerima BPNT 20059 KK sampai akhir Desember 2023.

“Mudah-mudahan ada kuota penambahan lagi dari Kementerian Sosial untuk kabupaten ini untuk tahun-tahun berikutnya, karena kita terus berupa agar semua permohonan dari masyarakat Taput bisa disetujui pihak Kemensos,” ujarnya, Kamis (18/1/24).

Baca juga: Pemkab Taput Bantu 11 Keluarga Korban Bencana Alam Tahun 2023

Pada Januari 2024, kata Denny, Dinsos masih menerima aspirasi warga berupa permohonan agar mendapatkan bansos dan perlindungan sosial lainnya. Namun itu semua tidak lepas dari kejujuran masyarakat memberikan keterangan kepada para petugas yang mendata yang sudah ada di setiap kecamatan.

“Kalau nanti data atau keterangan dari para pemohon itu tidak valid atau masih ada yang kurang, yang kita hindari nantinya dinas sosial Taput disebut hanya berpihak pada keluarga atau kolega dekat saja yang bisa dibantu. Padahal semua masyarakat Taput yang kurang mampu tetap akan kita berikan perhatian prioritas berupa pengisian ke valitan data,” ucapnya.

Sedangkan untuk bantuan kepada masyarakat yang berdampak bencana alam, seperti kebakaran, banjir dan terkena gempa bumi serta akibat longsor, Dinsos akan memberikan bantuan sembako dan bantuan berupa tali asih sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

Sementara untuk bansos bagi penyandang disabilitas, kata Kadinsos, akan mendapat santunan dari Kemensos berupa alat bantu hearing untuk 23 orang, kursi roda untuk 16 orang, kursi roda adaptif untuk 1 orang, tongkat kaki tiga untuk 2 orang dan tongkat ketiak untuk 2 orang.

Baca juga: Pemprov Sumut Siapkan Bansos BBM untuk Pengangkut Sembako

Denny menambahkan, bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara akan diberikan kepada penyandang disabilitas, berupa tongkat lipat untuk 14, tongkat ketiak 7, tongkat kaki tiga 7 dan juga tongkat kaki empat untuk 6 orang penerima.

Kemudian, anggaran dari APBD Taput juga ada untuk penyandang disabilitas sebanyak 40 kursi roda, 26  tongkat, 8 alat bantu dengar serta 2 kaki palsu yang semua itu diserahkan pada tahun 2023 lalu.

Ia menegaskan, sesuai arahan Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan, para penerima bansos bisa lebih optimal dan efisien mempergunakannya ke arah yang lebih baik dan bersifat positif.

“Karena jika salah menggunakan dan memanfaatkan bantuan tersebut akan bisa berdampak pada tidak baik atau peningkatan taraf perekonomian akan selalu begitu begitu saja,” ujarnya mengakhiri. (pembela butarbutar/hm17)

Related Articles

Latest Articles