14.5 C
New York
Sunday, September 8, 2024

Masinton Gagal Mendaftar, Tim Kedan: Jangan Ada Penggiringan Opini

Medan, MISTAR.ID

Tim pemenangan pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Khairul Kiyedi Pasaribu dan Darwin Sitompul (Kedan) angkat bicara perihal ditolaknya berkas Masinton Pasaribu dan Mahmud Efendi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tapteng.

Ketua Tim Pemenangan Kedan, Bakhtiar Ahmad Sibarani mengatakan, pihaknya meminta agar tidak ada penggiringan opini yang buruk terkait hal itu.

“Yang kami tahu PDIP sudah memberikan dukungan kepada Kiyedi dan Darwin, dan juga sudah mengisi Silon untuk dukungan itu. Karena di Silon sudah terdaftar dukungan kepada Kiyedi dan Darwin, sehingga Silon tidak bisa diakses oleh mereka,” ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima Mistar, Kamis (5/9/24) petang.

Untuk itu, Bakhtiar meminta agar tidak ada opini buruk yang dibangun setelah berkas Masinton dan Mahmud ditolak KPU. Dia menyebut, opini buruk yang dibangun dapat merusak kondusifitas Tapteng saat pelaksanaan Pilkada 2024.

Baca juga: KPUD Tapteng Tolak Pendaftaran Paslon Masinton Pasaribu-Mahmud Efendi Lubis

“Jadi jangan seolah Silon nya enggak bisa diakses karena kesalahan dari KPU. Jangan menyampaikan opini-opini yang tidak baik, seolah KPU adalah lembaga yang tidak fair. Kita berbicara apa adanya saja. Kita harus sama-sama menjaga kondusifitas di Tapteng ini,” ucapnya.

Bakhtiar mengatakan, pihaknya hingga saat ini menilai PDIP masih mendukung pasangan Kiyedi dan Darwin. Hal ini karena belum ada kesepakatan dari pihak pasangan calon dan PDIP untuk penarikan dukungan itu.

“Saat berkoalisi ada penandatanganan kesepakatan antara partai politik sesuai PKPU Pasal 6 ayat 2 dan 3. Hingga detik ini tidak ada surat yang disampaikan PDIP kepada kami untuk membatalkan kesepakatan itu,” sebutnya.

Baca juga: KPU Tapteng Tolak Paslon Masinton-Mahmud, Ini Penjelasan KPU Sumut

Bakhtiar menjelaskan, pada juknis yang tertuang dalam keputusan KPU nomor 1229 tahun 2024, jika partai politik berpindah dukungan harus melalui kesepakatan antara calon yang diusung dan partai lain yang ada dalam koalisi mendukung pasangan itu.

“Jadi hingga tadi malam, PDIP tidak ada datang untuk hal itu,” jelasnya.

Bakhtiar kemudian memastikan Kiyedi dan Darwin akan mengakomodir ide-ide dari partai untuk pembangunan kedepan jika terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Tapteng periode 2024-2029. Dia juga mengajak PDIP untuk bergabung bersama. (ial/hm25)

Related Articles

Latest Articles