19 C
New York
Thursday, May 9, 2024

KPU Simalungun akan Distribusikan Logistik Pemilu di 6 Desa Gunakan Kapal Motor

Simalungun, MISTAR.ID

Pemilihan Umum (Pemilu) akan digelar Rabu, 14 Februari 2024. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Simalungun dalam waktu dekat akan mendistribusikan seluruh logistik ke tiap nagori.

Ketua KPU Simalungun Septian Johan Pradana mengakui wilayah Kabupaten Simalungun sangat luas, sehingga cukup banyak tantangan yang dihadapi saat pendistribusian logistik. Salah satunya, kata Septian, harus menggunakan angkutan perahu untuk menyalurkan logistik Pemilu 2024.

“Ada 6 desa di 4 kecamatan yang harus ditempuh menggunakan kapal motor, harus naik perahu, karena mengarungi perairan Danau Toba dan akses jalan darat tidak ada,” ujarnya, Jumat (2/1/24).

Septian menjelaskan, nagori yang harus ditempuh menggunakan perahu terdiri dari Nagori Sibaganding Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Nagori Sipolha Horison Kecamatan Pamatang Sidamanik, Nagori Sihalpe dan Nagori Purba di Kecamatan Haranggaol Horison, Nagori Ujung Saribu dan Nagori Mariah Kecamatan Pamatang Silimakuta.

Baca Juga : Dinilai Bobrok, Mahasiswa dan Pemuda Peduli Demokrasi Pertanyakan Netralitas KPU Simalungun

Kendati demikian, Septian memastikan pendistribusian logistik akan diupayakan berjalan lancar dengan seluruh fasilitas yang ada.

“Karena sudah ada fasilitas kapal motor, namun kita lebih memperhatikan daerah-daerah yang tidak biasa. Karena dari segi keamanan sudah pasti lebih aman dari jalur darat,” katanya.

Sebelumnya, KPU Simalungun menyebut akan mendistribusikan logistik Pemilu ke seluruh kecamatan mulai tanggal 10 Februari mendatang.

Baca Juga : KPU Simalungun Distribusikan Logistik Pemilu 2024 Mulai 10 Februari

Septian mengatakan, saat ini pihaknya sedang menyortir dan proses pengepakan surat suara ke dalam kotak suara. “Saat ini sedang proses pengepakan surat suara, dijadwalkan tanggal 10 Februari kita sudah mulai pendistribusian ke kecamatan,” ungkapnya.

Dia menyebutkan, logistik dipastikan tiba tanggal 12 Februari di tiap kecamatan dan akan didistribusikan ke nagori serta kelurahan pada tanggal 13 Februari 2024. (indra/hm24)

Related Articles

Latest Articles