21.6 C
New York
Wednesday, September 18, 2024

Ketua KPU Labura Nyatakan Berkas Bapaslon Rizal-Darno Lengkap

Labura, MISTAR.ID

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Labuhanbatu Utara (Labura) Adi Susanto menyerahkan berita acara hasil pemeriksaan kelengkapan berkas dokumen pencalonan Ahmad Rizal-Darno, Selasa (17/9/24) malam.

Penyerahan berita acara kepada Ketua DPC PDI Perjuangan Labura Sunaryo berlangsung di tengah kerumunan massa yang masuk ke ruangan KPU. Selain itu, KPU juga menyerahkan berita acara kepada Ketua Bawaslu Labura Maruli Sitorus.

“Setelah memeriksa kelengkapan dokumen, kami menyatakan berkas pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati Labura atas nama Ahmad Rizal-Darno lengkap,” ujar Adi didampingi rekannya James Ambarita dan Bambang Desriandi.

Adi Susanto menjelaskan, pada saat itu pihaknya hanya memeriksa kelengkapan dokumen yang disampaikan. Sedangkan untuk kebenaran atau tidaknya, pihaknya akan melakukan verifikasi faktual (verfak) ke lembaga yang mengeluarkan dokumen dimaksud.

Baca Juga : Curiga Dokumen Balon Bupati Tak Lengkap, Sejumlah Warga Datangi KPU Labura 

Pasangan Rizal-Darno melalui partai pengusungnya PDI Perjuangan menyerahkan dokumen pendaftaran mereka ke KPU menyusul terjadinya kesepakatan antara kedua belah pihak dalam sidang mediasi tertutup yang difasilitasi Bawaslu Labura beberapa hari sebelumnya.

Sidang mediasi tertutup dilakukan setelah bakal pasangan calon (bapaslon) tersebut mengajukan permohonan ke Bawaslu terkait dikembalikannya berkas pendaftaran mereka oleh KPU pada 4 September lalu.

Dalam kesepakatan tersebut, salah satu poinnya adalah pasangan tersebut memberi kesempatan kepada pemohon menyerahkan dokumen pendaftaran kepada termohon pada tanggal 16-17 September 2024. (sunusi/24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles