3.1 C
New York
Thursday, February 22, 2024

Hari Ini, Bawaslu Batu Bara Koordinir Penertiban APK di 6 Kecamatan

Batu Bara, MISTAR.ID

Dengan berakhirnya masa kampanye dan dimulainya masa tenang yang akan berlangsung selama 3 hari, Bawaslu Kabupaten Batu Bara mengkoordinir penertiban alat peraga kampanye (APK) dimulai, Minggu (11/2/24).

Ketua Bawaslu Kabupaten Batu Bara, M Amin Lubis mengatakan, penertiban APK dilakukan dua tahap. Tahap pertama pada hari ini dilakukan di 6 kecamatan yakni Kecamatan Tanah Datar, Sei Suka, Air Putih, Lima Puluh, Datuk Lima Puluh dan Lima Puluh Pesisir.

Sedangkan tahap kedua pada Senin 12 Februari, penertiban akan dilakukan di 6 kecamatan lainnya yakni Kecamatan Medang Deras, Laut Tador, Sei Balai, Talawi, Tanjung Tiram dan Nibung Hangus.

“Seluruh APK yang berada di pohon, tiang, di pekarangan rumah warga dan baliho di pinggir jalan tidak luput dari penertiban,” ujarnya.

Baca Juga : Masa Tenang Pemilu 2024, Panwascam se-Kabupaten Toba Bersihkan APK 

Untuk melakukan penertiban, Bawaslu sudah berkoordinasi dengan Kasat Pol PP dan 12 camat agar mengerahkan anggotanya. Demikian pula Panwascam dan Pengawas kelurahan/desa juga turut melakukan penertiban di wilayah masing-masing. Selanjutnya, APK yang ditertibkan akan disimpan di Kantor Satpol PP Kabupaten Batu Bara.

Dikatakan Amin, bila ada tim ataupun Caleg yang ingin menurunkan sendiri APK-nya tentu diperbolehkan, bahkan sangat membantu. “Kami persilahkan. Bahkan kami mengucapkan terima kasih karena telah membantu,” ucapnya.

Amin mengatakan, pada hari terakhir masa tenang yakni 13 Februari, tim penertiban akan membersihkan sisa-sisa APK yang mungkin masih ada tertinggal pada penertiban sebelumnya.

“Yang pasti kita berusaha membersihkan seluruh APK baik spanduk maupun baliho kecil dan besar serta umbul-umbul partai politik. Ini demi menciptakan Pemilu yang aman dan sejuk,” ungkapnya.

Baca Juga : KPU Batu Bara Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Surat Suara

Sehubungan dengan tahapan Pemilu masuk pada masa tenang, Amin kembali mengingatkan mulai 11 Februari 2024 tidak diperbolehkan melakukan kampanye dalam bentuk apapun. Amin juga mengajak partai politik, tim dan Caleg serta masyarakat Kabupaten Batu Bara secara bersama-sama menyukseskan Pemilu 2024. (ebson/hm24)

Related Articles

Latest Articles