22.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

KPU Batu Bara Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Surat Suara

Batu Bara, MISTAR.ID

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batu Bara menggelar simulasi ke-2 pemungutan dan penghitungan surat suara, serta penggunaan aplikasi Sistim Rekapitulasi Suara (Sirekap) dalam rangka persiapan Pemilu serentak 2024.

Simulasi kali ini digelar di TPS 6 Gedung Serba Guna, Desa Perkebunan Tanah Gambus, Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batu Bara, Rabu (24/1/24).

Ketua KPU Batubara Erwin mengatakan, simulasi bertujuan untuk mempersiapkan dan mensosialisasikan pelaksanaan tahapan pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilu 2024 agar berjalan aman, tertib, lancar dan demokratis.

Lewat simulasi, Erwin berharap dapat memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat, serta penyelenggara Pemilu di tingkat desa dan kecamatan.

“Sehingga nantinya dapat menjadi acuan tentang pemungutan dan penghitungan suara, sesuai peraturan KPU Nomor 25 tentang pemungutan dan penghitungan suara dalam Pemilu,” ujarnya.

Baca Juga : Simulasi Pencoblosan di KPU Deli Serdang Gunakan Aplikasi Sirekap

Dikatakan Erwin, simulasi juga bertujuan agar dalam Pemilu nanti dapat digunakan sebagai pedoman KPPS, PPS dan PPK. Selain itu, juga sebagai uji coba praktek kesiapan mereka sesuai regulasi keputusan KPU Nomor 66 Tahun 2024 tentang Penghitungan dan Pemungutan Suara di TPS.

Menurutnya, simulasi ini sebagai sosialisasi kepada publik tentang tahapan yang sudah mendekati Pemilu 2024, sehingga publik bisa melihat menyaksikan secara dekat dan bisa menjadi pemilih aktif.

“Simulasi yang dilakukan juga untuk mengetahui estimasi waktu dalam proses pemungutan suara Presiden/Wakil Presiden, anggota DPD, DPR RI, DPRD Propinsi dan DPRD Kabupaten. Dan dalam simulasi ini, supaya mempunyai gambaran real proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS,” sebutnya.

Melalui simulasi ini, lanjutnya, masyarakat dapat mengetahui tata cara pemungutan suara, mulai dari pendaftaran, pencoblosan hingga penghitungan suara. Apalagi, simulasi ini dilakukan secara “real’ atau sebenarnya seperti pada Pemilu yang akan digelar pada Rabu 14 Februari 2024 mendatang. (ebson/hm24)

Related Articles

Latest Articles