14.2 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Simulasi Pencoblosan di KPU Deli Serdang Gunakan Aplikasi Sirekap

Deli Serdang, MISTAR.ID

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Deli Serdang kembali menggelar simulasi pencoblosan yang dilakukan oleh pemilih di tempat pemungutan suara (TPS). Simulasi pencoblosan di lakukan di halaman Kantor KPU Deli Serdang Jalan Karya Jasa, Desa Tanjung Garbus I, Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Rabu (24/1/24).

Simulasi dilakukan warga pemilih TPS 12 Desa Tanjung Garbus I, Kecamatan Lubuk Pakam dengan jumlah pemilih sebanyak 191 orang.

Ketua KPU Deli Serdang, Syahrial Effendi mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai pemantapan proses penyelenggaraan pemilihan yang akan berlangsung pada 14 Februari 2024 mendatang.

“Pemantapan saja ini, sebelum penyelenggaraan. Simulasi pemungutan suara dan menggunakan aplikasi Sirekap ini adalah bagian dari upaya kami untuk memaksimalkan seluruh proses, khususnya nanti pada hari H untuk perhitungan dan penggunaan aplikasi Sirekap agar lebih mantap. Ini menjadi sebuah tantangan besar bagi penyelenggara karena kepadatan seluruh tahapan,” ujarnya.

Baca Juga : Polres Labusel Amankan Simulasi Pemilu di Desa Asam Jawa Torgamba

Syahrial menjelaskan, pada saat ini KPU juga sedang melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) untuk penggunaan aplikasi Sirekap. Nantinya, juga akan disosialisasikan kepada 42 ribu petugas KPPS yang akan dilantik pada Kamis (25/1/24).

“Kami berharap juga kepada semua teman-teman di kecamatan maupun desa, serta kelurahan untuk bisa memaksimalkan dan bantu memberikan pemahaman kepada KPPS kita nanti yang besok akan dilantik,” katanya.

Simulasi pencoblosan menampilkan bagaimana calon pemilih awalnya melakukan registrasi pendaftaran dengan membawa undangan sebagai pemilih. Kemudian mengambil surat suara dari panitia, lalu masuk ke bilik suara melakukan pencoblosan.

Baca Juga : KPU Deli Serdang Distribusikan Surat Suara ke Kecamatan Awal Februari

Selanjutnya memasukkan surat suara ke kotak suara caleg DPRD Deli Serdang, Kotak Suara DPRD Sumut, Kotak Suara DPR RI, Kotak Suara Presiden serta kotak suara Anggota DPD RI.

Simulasi berlangsung mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB, dilanjutkan dengan penghitungan surat suara oleh KPPS disaksikan para saksi masing masing Caleg partai politik (parpol). (sembiring/hm24)

 

Related Articles

Latest Articles