18.9 C
New York
Thursday, October 24, 2024

Bawaslu Dairi Akan Dilaporkan PDIP ke DKPP

Dairi, MISTAR.ID

DPC PDI Perjuangan (PDIP) Dairi akan melaporkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Dairi secara resmi kepada Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) di Jakarta .

Hal itu dibenarkan Ketua DPC PDIP Dairi, Resoalon Lumban Gaol kepada media di sekretariat PDIP Jalan Pandu Sidikalang, Rabu(23/10/24).

“Bawaslu Dairi akan segera kita laporkan ke DKPP melalui kuasa hukum dari BBHAR (Badan Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat) DPC PDIP Dairi, atas dihentikannya laporan kita,” kata Resoalon.

Lanjutnya, Bawaslu Dairi sangat aneh dalam memutuskan pengaduan pihaknya yang dihentikan. Dalam keterangan Bawaslu alasannya disebut pelapor harus berada di tempat kejadian dan harus memakai kamera sendiri.

Baca juga: Diduga Korupsi Dana Kegiatan, Anggota Bawaslu Dairi Diperiksa Polres

“Lalu apa tugas Bawaslu dan Panwascam disaat tahapan pilkada sedang berjalan? Makan gaji buta? Atau tidak tahu tugas pokok dan fungsinya? Kalau begini kemampuan anggota Bawaslu, bisa kacau perhelatan Pilkada, artinya Bawaslu tidak komit,” ujar Resoalon kesal.

Resoalon klaim kejadian yang mereka laporkan merupakan kejadian kuat dugaan pelanggaran Undang-Undang Pemilu. Sebab perihal yang kami laporkan adalah adanya video viral dengan acara bagi-bagi uang oleh oknum Ketua Parpol dengan dugaan bertujuan memenangkan salah satu pasangan Cabup/Cawabup Dairi 2024.

“Anehnya sejumlah warga yang mendapat atau menerima uang dalam video tersebut tidak mengenakan seragam atau atribut partai. Tetapi ada alasan Bawaslu untuk menghentikan laporan kami. Karena laporan  bagi-bagi uang dimaksud merupakan internal  partai. Itukan aneh,” cetus Resoalon lagi.

Baca juga: Diduga Korupsi Dana Kegiatan, Anggota Bawaslu Dairi Diperiksa Polres

Sementara video viral aksi Ketua DPD II Golkar Dairi, Sabam Sibarani yang juga Ketua DPRD Dairi yang bagi-bagi uang sempat dituding sebagai tindakan politik uang. Pasalnya kegiatan tersebut dilakukan di saat tahapan masa kampanye calon kepala daerah, dan diketahui Sabam Sibarani juga merupakan ketua tim pemenangan salah satu paslon kepala daerah dari Partai Golkar.

Video Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Dairi, Sabam Sibarani, bagi-bagi uang viral di media sosial. Dalam video terlihat Ketua DPD II Partai Golkar dari Kabupaten Dairi Sabam Sibarani membagi-bagikanuang Rp50 ribu kepada orang-orang di sekitarnya.

Aksi Sabam Sibarani bagi-bagi uang itu dilaporkan BBHR DPC PDIP ke Bawaslu Dairi, dan terakhir dihentikan. Oleh itu PDIP akan segera melaporkan Bawaslu Dairi ke DKPP. (manru/hm25)

Related Articles

Latest Articles