15.9 C
New York
Monday, September 9, 2024

AHY Diprediksi Masuk Kabinet Prabowo

Jakarta, MISTAR.ID

Perkembangan terbaru terkait susunan kabinet potensial Prabowo Subianto, sejumlah analis politik menilai salah satu nama yang mencuat adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketua Umum Partai Demokrat, yang disebut-sebut sebagai kandidat kuat untuk salah satu posisi menteri.

Pernyataan ini mencuat setelah Hashim Djojohadikusumo, adik kandung Prabowo, mengindikasikan bahwa Prabowo berencana menempatkan empat lulusan SMA Taruna Nusantara di posisi menteri dalam kabinetnya.

Langkah ini dianggap sebagai bagian dari strategi untuk memperkuat barisan muda dalam pemerintahan dan melanjutkan program kerja yang telah dijalankan selama era Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Masa Presiden Prabowo Akankah Kurikulum Ganti? Begini Tanggapan Akademisi

Menurut Direktur Riset & Komunikasi Lembaga Survei KedaiKOPI, Ibnu Dwi Cahyo, selain AHY, terdapat beberapa nama lain dari lingkungan Gerindra yang juga merupakan alumni SMA Taruna Nusantara dan berpotensi masuk dalam kabinet Prabowo.

Beberapa di antaranya adalah Prasetyo Hadi, Sugiono, dan Sudaryono, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Pertanian. Selain itu, nama-nama seperti Simon Aloysius, Komisaris Utama Pertamina, dan Oki Muriza, Wakil Menteri ESDM, juga disebut-sebut sebagai kandidat potensial.

“SMA Taruna Nusantara memang telah melahirkan banyak pemimpin yang sekarang berada di lingkaran kekuasaan. Prabowo tampaknya ingin memanfaatkan pengalaman dan kedekatan mereka dengan dirinya untuk memperkuat kabinetnya,” ujar Ibnu seperti dilansir Antara, Senin (9/9//24).

Baca juga: Diperkirakan Setengah Menteri Jokowi Masuk Kabinet Prabowo-Gibran

Lebih lanjut, Ibnu menjelaskan bahwa Prabowo juga menekankan pentingnya memasukkan menteri-menteri muda yang berusia di bawah 50 tahun dalam kabinetnya. Hal ini sejalan dengan visi Prabowo untuk mempersiapkan generasi pemimpin masa depan yang dapat melanjutkan pencapaian era Joko Widodo menuju Indonesia Emas 2045.

“Prabowo ingin mengirimkan pesan kepada partai koalisi agar mengajukan kandidat menteri yang muda dan energik. AHY, sebagai lulusan Taruna Nusantara dan tokoh muda, tampaknya menjadi salah satu pilihan yang dipertimbangkan,” kata Ibnu menambahkan.

Pernyataan Hashim ini disampaikan dalam sebuah diskusi nasional yang disiarkan melalui YouTube pada Minggu (8/9/24). Menurut Hashim, penunjukan empat menteri dari SMA Taruna Nusantara tersebut bertujuan untuk memperkuat sumber daya manusia Indonesia dalam rangka mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

Sampai saat ini, belum ada konfirmasi resmi dari Prabowo atau partai koalisinya terkait nama-nama yang akan diangkat menjadi menteri. Namun, spekulasi ini telah memicu berbagai tanggapan dan menjadi topik perbincangan hangat di kalangan pengamat politik. (ant/hm25)

Related Articles

Latest Articles