16.6 C
New York
Wednesday, September 25, 2024

45 Anggota DPRD Labuhanbatu 2024-2029 Dilantik, Ini Perolehan Jumlah Kursi Partai

Labuhanbatu, MISTAR.ID

Sebanyak 45 Anggota DPRD Kabupaten Labuhanbatu masa jabatan 2024-2029 remi dilantik.

Keputusan tersebut tertuang dalam rapat paripurna dewan dalam rangka peresmian pemberhentian anggota DPRD Kabupaten Labuhanbatu masa jabatan 2019-2024, dan peresmian dan pengangkatan serta ucapan sumpah janji anggota DPRD Labuhanbatu masa jabatan 2024-2029, pada Rabu (25/9/24).

Proses pelantikan dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu, Meika Riyanti Siregar, dihadiri para pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Labuhanbatu, Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Labuhanbatu, Faisal Arif Nasution dan undangan lainnya.

Baca juga:Dilantik Kembali, Anggota DPRD Simalungun ini Prioritaskan Program Tertunda dan Aspirasi Gen Z

Dari 45 Anggota DPRD yang dilantik terbagi 9 dari Partai Nasdem, 6 Golkar, 4 PDI Perjuangan, 5 Gerindra, 3 PKB, 1 Gelora, 1 PKS, 3 Hanura, 2 PAN, 2 PBB, 4 Demokrat, 3 Perindo, dan 2 PPP. Untuk pimpinan DPRD sementara dipimpin oleh Arsyad Rangkuti dari NasDem dan wakilnya dari Golkar atas nama Andi Suhaimi Dalimunthe.

Meika mengatakan, hari ini keanggotaan DPRD Kabupaten Labuhanbatu masa jabatan 2019-2024 akan berakhir masa jabatannya, maka anggota dewan yang baru harus dilantik.

Disebutkan, sebagai yang pernah berada di lembaga yang terhormat ini dirinya pernah berusaha melaksanakan tugas dan kewajiban semaksimal mungkin.

“Kami juga berusaha berbuat dan bertindak secara proposional dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Namun semua terbatas dengan keterbatasan waktu dan tenaga, keterbatasan kemampuan keuangan daerah pusat dan daerah,” ungkapnya.

Baca juga : 50 Anggota DPRD Simalungun Dilantik, Berikut Nama-namanya

Pjs Bupati saat menyampaikan pidato tertulis Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyampaikan, rangkaian proses pelaksanaan Pemilihan Umum Anggota DPRD secara filosofis berkedudukan sebagai sarana demokrasi, dimaksudkan untuk melaksanakan kedaulatan rakyat dalam tatanan pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Tentunya kita patut untuk berbangga diri, bahwasanya bangsa Indonesia dapat membuktikan sebagai bangsa yang menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, sehingga dapat melaksanakan 13 kali Pemilu yang berjalan dengan relatif tertib dan lancar,” ucapnya.

Selanjutnya ucapan terima kasih disampaikan pada seluruh pihak penyelenggara yang terlibat, baik Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), pemerintah daerah (pemda), pihak keamanan, rekan-rekan media pers serta seluruh masyarakat yang telah berkolaborasi dan bekerja sama dengan segenap komponen bangsa guna turut mensukseskan pelaksanaan Pemilu dalam nuansa yang demokratis lancar dan damai.

Di akhir pidatonya, Faisal berharap, kiranya para anggota dewan agar senantiasa memaksimalkan peran dalam mengawal pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024, baik dalam hal pengawasan masa persiapan tahapan hingga pelantikan kepala daerah terpilih hasil pemilihan sesuai peraturan perundang-undangan.

Baca juga : Makmur Damanik Jabat Pimpinan Sementara DPRD Simalungun

“Kita tentu mengetahui bahwa suksesnya penyelenggaraan Pilkada 2024 tidak hanya menjadi tanggung jawab dari penyelenggaraan saja, melainkan bersama termasuk pemerintahan pusat dan pemda. Dalam hal ini DPRD diharapkan dapat memberikan dukungan terkait kebijakan sarana dan prasarana serta personel yang akan mengawasi jalannya Pilkada 2024,” tutupnya. (yazis/hm16)

Related Articles

Latest Articles