17.7 C
New York
Wednesday, June 12, 2024

Usai Sita Ponsel Sekjen PDIP Hasto, KPK Tahu Posisi Harun Masiku

Jakarta, MISTAR.ID

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata mengklaim telah mengetahui keberadaan mantan calon legislatif PDIP, Harun Masiku.

Keberadaan yang sudah buronan empat tahun itu diketahui dari sejumlah keterangan saksi termasuk dari ponsel milik Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto.

Pria yang telah menjadi tersangka kasus dugaan suap itu diprediksi dapat ditangkap dalam satu minggu ini. Hal itu disampaikan Alex selepas rapat di Komisi III DPR pada Selasa (11/6/24).

“Mudah-mudahan saja dalam satu minggu ketangkap,” ujarnya.

Baca juga: KPK Sebut Harun Masiku Tertangkap Minggu Depan

Dijelaskannya, guna melacak keberadaan Harun Masiku KPK telah memeriksa sejumlah saksi seperti Advokat Simeon Petrus, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto hingga mahasiswa atas nama Hugo Ganda dan Melita De Grave.

Sementara Tim Juru Bicara KPK Budi Prasetyo menjelaskan penyidik KPK akhirnya memutuskan menyita ponsel hingga buku catatan miliknya Hasto karena dianggap perlu untuk menggali informasi dan keterangan mengenai perkara Harun Masiku.

Terkait pemeriksaan terhadap Hasto, salah satu yang ditanyakan penyidik adalah soal keberadaan alat komunikasi miliknya.

Pada saat itu Hasto menyebut ponselnya dipegang oleh stafnya bernama Kusnadi. Berdasarkan itu, penyidik pun meminta staf Hasto dipanggil.

“Setelah dipanggil, penyidik menyita barang bukti berupa elektronik (HP), catatan dan agenda milik saksi H,” kata Budi dengan menegaskan penyitaan yang dilakukan KPK telah sesuai ketentuan yang berlaku dan disertai dengan surat perintah penyitaan. (mtyr/hm17)

Related Articles

Latest Articles