27.6 C
New York
Friday, July 5, 2024

Sore Ini, Sandiaga Uno Bakal Bergabung dengan PPP

Jakarta, MISTAR.ID

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi mengatakan Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno akan resmi bergabung dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada Rabu sore.

“Rencana pelantikan Pak Sandiaga Uno akan dilaksanakan di DPP PPP pada pukul 15.00 WIB di bawah pimpinan langsung Plt Dirjen DPP PPP Muhammad Mardiono,” kata Achmad dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu (14/6/23).

Pelantikan akan dimeriahkan dengan penyerahan Kartu Tanda Anggota (KTA) PPP Plt Dirjen PPP Sandiaga ke Kantor DPP PPP di Jakarta pada Rabu pukul 15.00 WIB.

Menurutnya, ini merupakan langkah strategis PPP menuju Pemilu Legislatif (Pemilu) 2024. “Aksesi Pak Sandiaga Uno merupakan langkah strategis PPP jelang Pemilu 2024,” imbuhnya.

Baca juga : Jika Gabung ke PPP, Sandiaga Berpotensi Masuk Bursa Cawapres Dampingi Ganjar

Keikutsertaan Sandiaga Uno yang semula dijadwalkan pukul 18.30 WIB diubah menjadi pukul 15.00 WIB. Karena Sandiaga harus menggantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Akhmad Baidowi mengatakan Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Uno akan resmi bergabung dengan PPP pada Rabu malam (14/6/23).

“Insya Allah besok Pak Sandi resmi bergabung, menurut Plt. Ketum Mardiono. Besok Rabu pukul 18.30 WIB setelah magrib,” kata Awiek, sapaan akrabnya, Selasa (13/6/23) di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Awiek mengatakan, pengumuman Sandiaga masuk PPP dilakukan pada malam hari karena merupakan agenda partai politik. “Pak Sandiaga Uno kan masih pejabat publik, jadi kita pakai waktu di luar jam kerja bukan untuk mempolitisasi jabatan, itu kita hindari,” ujarnya.

Baca juga : Bursa Cawapres Pemilu 2024: AHY 80 Persen, Sandiaga Uno Siap Ikhlas

Ia mengatakan partainya siap memberikan Sandiaga posisi sentral yang strategis, yang dinilainya sebagai tokoh bangsa sekaliber termasuk wakil ketua umum PPP.

Namun, lanjut dia, Sandiaga tidak akan menjabat sebagai Ketua umum, Sekjen atau Bendahara Umum PPP. “Ya salah satu opsinya (Waketum) ya, ujung-ujungnya banyak jabatan di DPP. Tapi yang jelas bukan ketum, sekjen, bendahara umum. Mardiono akan mempresentasikannya nanti. Kami akan membicarakannya. Tapi yang jelas posisinya bagus,” ujarnya.

Ia mengatakan kursi Sandiaga akan diputuskan dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) PPP, Jumat (16/6). Selain itu, kata dia, posisi Sandiaga yang diajukan sebagai salah satu nama calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo juga akan diperluas setelah dirinya resmi bergabung di kader PPP.

“Mau tawarkan Pak Sandi ke PDIP, dia belum kader PPP, kalau sudah kader PPP lebih terbuka pilihannya,” ujarnya. Semula, Awiek mengatakan penilaian PPP untuk Sandiaga telah dilakukan sejak 2020. (ant/hm18)

Related Articles

Latest Articles