17.2 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Persiapan Pilkada Serentak 2024, Menkopolhukam Gelar Rapat

Jakarta, MISTAR.ID

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Hadi Tjahjanto membuka “Rapat Koordinasi Persiapan Pilkada Serentak 2024 di Wilayah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku” pada Rabu (26/6/24).

Ketua Panitia Rapat Heri Wiranto mengatakan, rapat yang diikuti 1.420 peserta secara daring dan luring ini merupakan rapat kedua. Rapat koordinasi sebelumnya digelar dalam rangka persiapan pemilu di enam provinsi wilayah Papua.

Dalam pertemuan di Makassar, Sulawesi Selatan, Tjahjanto mengeluarkan lima arahan. Pertama menggarisbawahi perlunya seluruh elemen masyarakat saling bahu membahu menjaga situasi kondusif dan stabil.

Baca juga: Persiapan Pilkada 2024, PDIP Buka Komunikasi dengan PKS

Ia juga menilai penting bagi kementerian dan lembaga terkait untuk meningkatkan koordinasi guna memastikan pemilu sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Ketiga, kita harus mengupayakan terselenggaranya seluruh tahapan Pilkada Serentak secara tepat waktu,” ujarnya.

Keempat, ia menekankan pentingnya seluruh komponen bangsa berperan aktif dalam mencegah polarisasi dengan berupaya menjaga rasa persatuan dan kesatuan.

Baca juga: Jaga Situasi Pilkada 2024, Jamintel Kejagung Sambangi Kantor Bawaslu Sumut

Terakhir, Tjahjanto menyoroti pentingnya mengintensifkan upaya untuk mendidik masyarakat tentang politik dengan tujuan akhir mewujudkan pesta demokrasi yang aman, damai, kondusif, dan berkualitas.

“Saya berharap seluruh peserta dapat memanfaatkan pertemuan ini secara maksimal untuk saling bertukar informasi mengenai permasalahan aktual dan mencari solusinya,” kata mantan Panglima TNI itu.

Rapat koordinasi tersebut turut dihadiri Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy’ari, Kepala Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Rahmat Bagja, dan Pj Gubernur Sulawesi Selatan Zudan Arif Fakhrulloh.(antara/hm17)

Related Articles

Latest Articles