10.6 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Menteri Keuangan Blokir Anggaran Kementan Rp453,04 Miliar

Jakarta, MISTAR.ID

Kementerian Pertanian (Kementan) terdampak kebijakan penyesuaian otomatis (automatic adjustment) atau pemblokiran sementara anggaran yang diterapkan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pimpinan Sri Mulyani.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman akibat kebijakan itu anggaran kementeriannya terblokir sebesar Rp453 miliar pada tahun ini.

Menurut Amran, pemblokiran anggaran sementara ini sesuai dengan surat Kementerian Keuangan tertanggal 29 Desember 2023 mengenai penyesuaian otomatis.

Baca juga: Mahfud MD Pastikan Megawati Dukung Pengajuan Hak Angket

“Belanja K/L di Kementan dibebankan automatic adjustment sebesar Rp453,04 miliar,” ujar Amran kepada Komisi IV DPR RI dalam Rapat Kerja pada Rabu (13/3/24), seperti dilansir CNN Indonesia.

Amran menegaskan bahwa ini hanyalah pelaporan pagu anggaran Kementan tahun ini. Namun, penahanan sementara anggaran tersebut tidak memengaruhi program kerja di kementeriannya.

“Blokir automatic adjustment tersebut tidak mengurangi total pagu anggaran Kementan tapi hanya memblokir anggaran pada program kegiatan eksisting dengan memperhatikan rambu-rambu yang telah ditetapkan pada surat Menkeu,” jelasnya.

Baca juga: BPODT Akui Berupaya Majukan Pariwisata Danau Toba dan Atasi Kartu Kuning UNESCO

Sebelumnya, Kemenkeu mengakui telah memblokir anggaran Kementerian/Lembaga (KL) hingga Rp50,14 triliun pada tahun 2024 melalui kebijakan Automatic Adjustment. Kebijakan ini juga telah dilakukan pada tahun 2023.

Kebijakan ini pertama kali diterapkan pada tahun 2022 dengan total anggaran yang dicadangkan sebesar Rp24,5 triliun dari seluruh KL. Sedangkan, pada tahun 2023 dan 2024, anggaran yang dibekukan hampir sama, yaitu Rp50 triliun. (CNN/hm22)

Related Articles

Latest Articles