9.4 C
New York
Saturday, May 11, 2024

Besok Hadi Dilantik Menko Polhukam dan Menteri ATR Dijabat AHY

Jakarta, MISTAR.ID

Direncanakan Presiden Joko Widodo akan melantik Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/BPN dan Menteri Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) yang baru di Istana Negara.

Hadi Tjahjanto yang sebelumnya menjabat Menteri ATR akan dilantik sebagai Menko Polhukam. Jokowi juga akan melantik Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi Menteri ATR.

Selasa (20/2/24), sumber dari Istana menyatakan, pelantikan keduanya menjadi menteri di Kabinet Indonesia Maju Jokowi berlangsung, pada Rabu (21/2/24) sekira pukul 11.00 WIB.

Baca juga:Mahfud MD Jalan Pagi Bareng Staf di Hari Terakhir Sebagai Menko Polhukam

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni mengaku mendengar rumor Hadi bakal dilantik sebagai Menko Polhukam. Dirinya mengapresiasi pilihan Jokowi jika benar Hadi bakal menjabat menjadi Menko Polhukam.

Kursi Menko Polhukam saat ini masih dijabat oleh Tito Karnavian sebagai pejabat sementara, pasca Mahfud MD mundur dari kabinet awal Februari 2024 lalu karena maju menjadi calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024.

Anggota Komisi II DPR, Guspardi Gaus juga mendengar AHY akan menjadi Menteri ATR/BPN menggantikan Hadi yang akan menempati posisi Menko Polhukam.

Baca juga:Jabat Menko Polhukam, Mahfud MD Bakal Buktikan Netralitas Aparat

Guspardi menuturkan, lumrah saja apabila Demokrat menerima posisi menteri di kabinet Jokowi. Pasalnya, Demokrat telah menjadi salah satu partai politik (parpol) pendukung Jokowi.

Dia mengatakan, posisi Menko Polhukam belakangan ini kosong pasca Mahfud mundur dan perlu untuk diisi secepat mungkin untuk mempercepat pembangunan. (cnn/hm16)

Related Articles

Latest Articles