17.7 C
New York
Monday, July 1, 2024

PP Pemuda Muhammadiyah Buka Baitul Arqam Paripurna

Medan, MISTAR.ID

Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah (PM) membuka Baitul Arqam Paripurna (BAP) di Auditorium Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Jalan Kapten Muchtar Basri, Medan.

Baitul Arqam merupakan bentuk pengkaderan Muhammadiyah yang disesuaikan dengan penyederhanaan dari Darul Arqam dengan berorientasi pada pembinaan ideologi, integritas, wawasan dan lainnya untuk menciptakan kesamaan atau sikap. BAP kali ini mengusung tema ‘Negarawan Muda Menuju Indonesia Emas’ yang akan dilaksanakan pada 1 hingga 5 Juni 2024 di Medan dan Parapat.

Ketua Umum PP PM, Dzulfikar A Tawalla mengatakan, pemilihan tema yang digunakan dalam BAP lantaran pemuda adalah identitas dunia yang akan mengisi bonus demografi. “Pemuda adalah identitas dunia. Identitas, wawasan, sikap dan nilai yang dimiliki oleh anak muda nantinya akan mengisi bonus demografi,” katanya saat di Auditorium UMSU, Senin (1/7/24).

Baca Juga : Ketua PP Muhammadiyah Sebut Muktamar 2027 di Sumut Akan Jadi Sorotan Internasional

Aktivis muda Muhammadiyah itu menjelaskan, tujuan BAP ini sebagai pembentukan kader utama yang nantinya, akan mengisi regenerasi PP Muhammadiyah dan wilayah. Dzulfikar mengatakan setiap zaman memiliki aturan masing masing.

“Setiap generasi itu punya konsekuensinya masing-masing. Dengan BAP ini pula bisa mempertegas keberpihakan Muhammadiyah terhadap gerakan-gerakan keilmuan. Mudah-mudahan, teman-teman sekalian terkhusus alumni BAP ini bisa menghadirkan daya gerak dan daya juang setelah menjadi alumni,” jelasnya.

Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumut, Irwan Syahputra yang hadir dalam acara itu mengaku sangat senang Sumut mendapat kepercayaan sebagai tempat pelaksanaan pengkaderan BAP. Irwan menginginkan jika pengkaderan BAP ini mencetak kader yang memiliki loyalitas.

“Mudah-mudahan dengan pengkaderan BAP ini, akan tercetak kader pemuda Muhammadiyah yang memiliki loyalitas,” katanya.

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles