8 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Ketua PP Muhammadiyah Sebut Muktamar 2027 di Sumut Akan Jadi Sorotan Internasional

Medan, MISTAR.ID

Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Agus Taufiqurrahman meyakini pelaksanaan Muktamar Muhammadiyah 2027 yang akan digelar di Sumatera Utara (Sumut) akan menjadi sorotan publik internasional.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri buka puasa bersama Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumut, Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) dan sivitas akademika UMSU, Sabtu (23/3/24).

“Kita tunjukkan saat muktamar nanti bakal jadi sorotan internasional. Karena  Muhammadiyah bukan cuma kekuatan regional, kemarin bukti kita sudah mendapatkan penghargaan Internasional Zayed Award sebagai lembaga yang kiprahnya dalam memajukan kemanusiaan dan persaudaraan global,” ujarnya.

Baca juga : Jemaah Muhammadiyah di Medan Laksanakan Tarawih Perdana

Dia menjelaskan bagaimana Muhammadiyah yang lahir di Yogyakarta, tapi kemudian berkembang pesat di Padang. Sebagaimana dicontohkan tokoh Muhammadiyah, Buya Hamka diutus ke Makassar sehingga kemudian Muhammadiyah tumbuh sebagai organisasi besar.

“Kan ada kalimat Muhammadiyah itu lahir di Yogyakarta, berkembang di Padang, besar di Makassar. Kalau sekarang karena Muktamar di Sumatera Utara, kita tambah lagi kalimatnya. Muhammadiyah lahir di Yogyakarta, berkembang di Padang, besar di Makassar dan bergelora di Sumatera Utara. gitu,” tegasnya.

Sementara, Rektor UMSU, Prof Agussani menyampaikan keseriusan UMSU dalam menyambut Muktamar 2027 mendatang.

Baca juga : Muhammadiyah Tetapkan Besok Puasa Pertama, Pemerintah 12 Maret

Sejumlah persiapan telah dilakukan oleh UMSU selaku penyelenggara dan PWM Sumatera Utara sebagai tuan rumah Muktamar ke-49 tahun.

“Kita sudah melakukan perencanaan besar menyambut itu (Muktamar 2027). Setidaknya ini merupakan pemanasan, sebagaimana diketahui amanah daripada Pimpinan Pusat yang menunjuk Muhammadiyah Sumatera Utara sebagai tuan rumah Muktamar Muhammadiyah tahun 2027 dan UMSU yang ditunjuk sebagai penyelenggaranya,” tandasnya. (iqbal/hm18)

Related Articles

Latest Articles