34.4 C
New York
Saturday, June 22, 2024

Pemko Medan Diingatkan Cari Solusi untuk TPS Taman Teladan

Medan, MISTAR.ID

Saat ini Pemko Medan terus membenahi wujud perwajahan kota, dengan merevitalisasi sejumlah tempat ruang terbuka hijau atau taman untuk dijadikan ruang terbuka publik.

Namun, Tempat Penampungan Sampah (TPS) Teladan masih belum teratasi. Hal itu membuat buruk bagi kawasan Taman Stadion Teladan, yang notabene menjadi tempat berolahraga dan berkumpul masyarakat.

Meskipun dilakukan penyemprotan eco enzim serta dibersihkan setiap hari, TPS di Taman Teladan tidak lah representatif dipertahankan di sana. Mengingat, Taman Teladan juga merupakan ruang terbuka hijau bagi masyarakat di sekitar Kecamatan Medan Area, Medan Kota dan lainnya.

Baca juga: DPRD Minta Pemko Medan Cari Tempat yang Representatif untuk TPS Taman Teladan

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kota Medan, Rudiawan Sitorus mengungkapkan, masyarakat mendambakan ruang terbuka publik yang nyaman dan aman.

“Di kota-kota besar lainnya seperti Surabaya dan Bandung, taman gak hanya tempat berkumpul dan olahraga, tapi sebagai wadah anak-anak muda di sana mempertunjukkan kreativitasnya. Kita berharap, Kota Medan bisa seperti itu,” ungkapnya, pada Kamis (6/7/23).

Sambung politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu, di dalam Peraturan Daerah (Perda) sudah diatur tentang tempat-tempat yang diperbolehkan mendirikan TPS, berikut cara pengelolaan sampahnya.

Sangat disayangkan apabila Pemko Medan melalui dinas terkait mengabaikan itu, hanya dikarenakan bingung merelokasi TPS ke tempat yang layak.

Baca juga: DLH Siantar Berencana Bangunan TPST/RDF

“Taman Teladan ini kan tempat berkumpul masyarakat untuk mencari udara segar dengan berolahraga. Disayangkan saat kita mau mencari yang fresh, tapi disuguhkan dengan pemandangan dan bau yang ditimbulkan TPS Teladan,” ujarnya.

Untuk itu, Rudiawan berharap, Pemko Medan bisa mencarikan solusi tepat agar TPS Teladan bisa dipindahkan, dan masyarakat yang memanfaatkan ruang terbuka hijau itu menjadi nyaman.

“Kalaupun ada tong-tong sampah di sana sifatnya bukan permanen, melainkan sementara dan tertutup. Kemudian tinggal diangkut menggunakan truk sampah dan dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Terjun,” pungkasnya. (rahmad/hm16)

 

 

Related Articles

Latest Articles