21 C
New York
Thursday, August 15, 2024

Jelang Pilkada Serentak, Polda Sumut Gelar Simulasi Sispam Kota

Medan, MISTAR.ID

Kepolisian Daerah Provinsi Sumatera Utara (Polda Sumut) menggelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispam Kota) menjelang pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di wilayah Sumatera Utara.

Kapolda Sumut, Irjen Whisnu Hermawan Februanto menyebut, simulasi ini bertujuan untuk mengantisipasi berbagai potensi gangguan mulai dari unjuk rasa damai hingga situasi anarkis.

“Simulasi ini melibatkan personel gabungan Polda Sumut yang bertugas sebagai Dalmas awal, Dalmas lanjut, Negosiator, dan Pengendalian Massa (PHH) dari Satuan Brimob,” ujar Whisnu Kamis (15/8/24) di Polda Sumut.

Dikatakan Whisnu, pihaknya melatih personel dengan tujuan untuk menghadapi potensi gangguan selama tahapan Pilkada 2024.

Baca juga: Data DPS Pilkada 2024 Belum Diperbaharui, Bawaslu Sumut: Kami Masih Rapat

Menurut Irjen Whisnu, skenario simulasi ini mencakup berbagai tahapan pilkada, termasuk pendistribusian logistik, masa kampanye, pemungutan suara, hingga penetapan pemenang.

Dia juga mengaku telah memetakan setiap potensi kerawanan yang ada, dan titik-titik rawan ini menjadi fokus utama dalam kegiatan pengamanan.

Ia berharap dengan pelatihan rutin ini, personel Polda Sumut akan semakin tanggap dan memahami tugas masing-masing.

Baca juga: Lolos Verifikasi Faktual, Dolly Pasaribu Siap Daftar di Pilkada Tapsel 2024

“Kami ingin memastikan bahwa setiap anggota siap, sigap menangani setiap situasi yang mungkin terjadi selama tahapan Pilkada 2024,” timpalnya.

Untuk diketahui, simulasi Sispamkota di lapangan parkir Polda Sumut, Kamis (15/08/2024) pagi tadi.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), unsur TNI serta pejabat utama Polda Sumut. (matius/hm25)

 

Related Articles

Latest Articles