11.8 C
New York
Wednesday, April 17, 2024

Dorong Mahasiswa Raih Prestasi Nasional, Unimed Gelar NUDC Tingkat Universitas

Medan, MISTAR.ID

Universitas Negeri Medan (Unimed) menggelar kegiatan National University Debating Championship (NUDC) tingkat universitas Tahun 2024 yang berlangsung di Ruang Sidang A Biro Rektor, Kamis (28/3/24).

Menurut Wakil Rektor III UNIMED Prof. Marice, adanya lomba NUDC ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing mahasiswa dan lulusan perguruan tinggi, kemampuan berpikir kritis dan analitis.

“Juga meningkatkan kemampuan berbahasa inggris secara lisan, kemampuan menyampaikan pendapat secara logis dan sistematis, dan memperkuat karakter mahasiswa melalui pemahaman,” kata Prof. Marice.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Marice, M.Hum memberikan apresiasi dan terima kasih atas terlaksananya kegiatan ini.

Baca juga: Sebanyak 2.621 Siswa SMA Lulus SNBP 2024 di Unimed

“Kegiatan ini sangat penting bagi para mahasiswa untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa semua dalam menunjukkan prestasi-prestasi gemilangnya tidak hanya di Unimed, tetapi nantinya akan menuju tingkat wilayah maupun nasional,” ucapnya.

Lanjutnya, pelaksanaan NUDC ini mengikuti panduan yang sudah ditetapkan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) dan mengikuti format debat parlemen inggris.

“Acara ini akan menyeleksi dari 8 tim peserta debat hingga terpilih 1 (satu) tim NUDC UNIMED terbaik yang akan maju mengikuti lomba di tingkat wilayah, hingga tingkat nasional,” sampainya.

Perlu diketahui, proses pendaftaran ke tingkat Wilayah paling lama tanggal 3 April 2024 dan Seleksi tingkat wilayah dijadwalkan pada 19 April – 7 Mei 2024, secara daring. Kemudian selanjutnya akan menuju tingkat nasional yang dijadwalkan pada Tanggal 25 – 1 Juni 2024 secara luring di Universitas Terbuka, Tangerang Selatan.

Baca juga: Pasca Bentrok, Dua Fakultas di Unimed Gelar Kuliah Daring

NUDC merupakan program tahunan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Kegiatan dilaksanakan untuk persiapan tim debat mahasiswa dalam mengikuti tingkat nasional. (Dinda/hm20)

Related Articles

Latest Articles