16.6 C
New York
Tuesday, June 11, 2024

Wali Kota Bagian Barat Meksiko Dibunuh, Kurang dari 24 Jam Presiden Baru Terpilih

Mexico City, MISTAR.ID

Wali Kota di wilayah Meksiko bagian barat tewas dibunuh, kurang dari 24 jam setelah Presiden terbaru terpilih. Claudia Sheinbaum terpilih sebagai presiden terbaru dalam pemilu yang digelar 2 Juni.

Kematian pejabat daerah di Meksiko ini semakin menambah panjang daftar kasus serupa di negara itu. Dilansir AFP, Selasa (4/6/24), seorang Wali Kota perempuan yang memimpin kota Cotija bernama Yolanda Sanchez Figueroa ditemukan tewas dengan luka tembak.

Pemerintah negara bagian Michoacan mengecam keras pembunuhan presiden kota (Wali Kota) Cotija, Yolanda Sanchez Figueroa.

Pembunuhan Wali Kota perempuan ini ironis, karena terjadi setelah kemenangan besar Sheinbaum yang mencetak sejarah sebagai Presiden perempuan pertama Meksiko. Terpilihnya Sheinbaum memberikan harapan bagi perubahan di negara yang marak dilanda kekerasan terhadap wanita itu.

Baca Juga : Wanita Pertama Presiden Meksiko, Ini Janji Kampanye Claudia Sheinbaum 

Laporan media lokal menyebut Sanchez yang terpilih menjabat Wali Kota Cotija dalam Pemilu tahun 2021 ini, tewas ditembak di jalanan umum. Otoritas setempat tidak memberikan informasi jelas soal pembunuhan Sanchez. Namun disebutkan bahwa operasi keamanan telah diluncurkan untuk menangkap pembunuh Sanchez.

Sebelum pembunuhan ini terjadi, Sanchez pernah diculik pada September 2023 lalu, ketika dia baru keluar dari sebuah pusat perbelanjaan di kota Guadalajara di negara bagian Jalisco, yang bertetangga dengan negara bagian Michoacan. (dtc/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles