17.9 C
New York
Thursday, May 9, 2024

Sosok Jill Stein, Bacapres AS yang Ditangkap karena Ikut Bela Palestina

St. Louis, MISTAR.ID

Jill Stein menjadi pusat perhatian setelah ditangkap karena ikut demonstrasi mendukung Palestina di Washington University di St. Louis, Amerika Serikat, pada Sabtu (27/4/24).

Stein juga dikenal sebagai seorang politisi dan aktivis lingkungan. Sebelumnya, Stein telah menyelesaikan pendidikan di bidang kedokteran di Universitas Harvard dan memperoleh gelar dokter spesialis penyakit dalam.

Pada tahun 2002, Stein memulai karir politiknya ketika Partai Hijau Massachusetts mengajukan dirinya sebagai calon gubernur.

Selain itu, dia juga terlibat dalam beberapa agenda politik, termasuk pemilihan wakil negara bagian pada 2004 dan pemilihan Menteri Luar Negeri pada 2006.

Baca juga: Ratusan Demonstran Pro Palestina di Universitas AS Ditangkap Polisi

Pada tahun 2010, partainya kembali mencalonkannya sebagai kandidat gubernur Massachusetts. Stein mulai dikenal setelah terlibat dalam protes terkait sengketa tanah untuk pabrik batu bara.

Aktivisme Stein sudah dimulai sejak masa kuliah, di mana dia aktif memprotes peran Harvard dalam kaitannya dengan militer dan kebijakan luar negeri AS.

Dia juga sering melakukan advokasi lingkungan dengan menyoroti isu kesehatan manusia. Prestasi Stein di dunia aktivisme lingkungan membuatnya direkrut oleh Partai Hijau sebagai kandidat politik yang potensial.

Diketahui dari berbagai sumber, Selasa (30/4/24), Stein menyusun rencana kampanye yang berfokus pada agenda pro-pekerja, anti-perang, dan mengatasi darurat iklim.

Related Articles

Latest Articles