26.2 C
New York
Friday, July 5, 2024

Partai Buruh Diprediksi Menang Telak di Pemilu Inggris

London, MISTAR.ID

Partai Buruh diprediksi kuat bakal meraih kemenangan di Pemilu Inggris yang baru saja digelar, Kamis (4/7/24) waktu setempat. Hasil exit poll beberapa jam setelah pemilu dilakukan menunjukkan partai Keir Starmer itu bakal mengungguli Partai Konservatif (Tory) yang selama ini berkuasa.

Berdasarkan exit poll Pemilu Inggris 2024, Jumat (5/7/24), partai oposisi utama Inggris itu bakal menang telak dan akan berkuasa setelah 14 tahun menjadi oposisi. Ketika tempat pemungutan suara ditutup pada pukul 22.00 (21.00 GMT), survei untuk lembaga penyiaran Inggris menunjukkan bahwa Partai Buruh yang berhaluan kiri-tengah akan memenangkan 410 kursi di House of Commons yang memiliki 650 kursi, sedangkan Tories (Konservatif) hanya memperoleh 131 kursi.

Sayap kiri (Partai Buruh) menang, sayap kanan (Konservatif) kalah. Kelompok sayap tengah (sentris/moderat) juga dapat suara dan diprediksi menjadi oposisi kecil. Demokrat Liberal akan memperoleh 61 kursi, namun Partai Reformasi Inggris yang anti-imigrasi pimpinan Nigel Farage dapat memperoleh 13 kursi.

Baca Juga : Inggris Gelar Pemilihan Perdana Menteri Hari Ini

Penghitungan surat suara sedang berlangsung di seluruh penjuru, dengan hasil resmi diharapkan mulai Kamis malam hingga Jumat, menempatkan pemimpin Partai Buruh Keir Starmer di jalur yang tepat untuk menggantikan Rishi Sunak sebagai perdana menteri.

Jika hasilnya benar, maka hal ini akan berlawanan dengan tren positif di antara sekutu-sekutu terdekat Inggris, dengan Partai Nasional sayap kanan di Prancis yang diprediksi bakal meraih kekuasaan, dan Donald Trump tampaknya akan kembali berkuasa di Amerika Serikat.

Berdasarkan sistem pemilu first-past-the-post di Inggris, sebuah partai membutuhkan 326 kursi untuk memenangkan mayoritas di parlemen. Setelah semalaman melakukan penghitungan dan deklarasi, pemenang diperkirakan akan bertemu dengan kepala negara Raja Charles III, yang akan meminta pemimpin partai terbesar untuk membentuk pemerintahan. (dtc/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles