26.2 C
New York
Thursday, July 4, 2024

Inggris Gelar Pemilihan Perdana Menteri Hari Ini

London, MISTAR.ID

Inggris menggelar Pemilu Perdana Menteri, Kamis (4/7/24), sekaligus menandai akan mengakhiri 14 tahun pemerintahan Partai Konservatif. Dilansir dari CNN, Kamis malam, tempat pemungutan suara (TPS) di seluruh wilayah Inggris sudah resmi dibuka, dan ditutup pada pukul 10 malam waktu setempat.

Sebanyak 50 juta orang terdaftar sebagai pemilih, dengan syarat minimal usia 18 tahun lebih pada hari pemungutan suara. Warga yang dapat memilih diantaranya warga negara Inggris, warga negara Irlandia, atau warga negara Persemakmuran yang memenuhi syarat. Sementara surat suara diberikan secara langsung, melalui pos, atau melalui perwakilan.

Berdasarkan jajak pendapat terbaru, pemilihan PM Inggris kali ini bakal mengakhiri 14 tahun pemerintahan Partai Konservatif yang kini dipimpin Rishi Sunak. Dilansir Reuters, jajak pendapat menunjukkan Partai Buruh unggul lebih dari 20 poin atas Partai Konservatif.

Baca Juga : Boris Johnson, Rishi Sunak Memimpin Perlombaan Jadi Perdana Menteri Inggris Berikutnya

Lembaga survei YouGov memperkirakan Partai Buruh dapat memenangkan 425 kursi, sementara Partai Konservatif memperoleh 108 kursi. Jika benar demikian, ini akan menjadi jumlah perolehan kursi terendah bagi Partai Konservatif dalam kurun waktu 200 tahun.

Ada tiga nama yang disebut-sebut unggul dalam pemilu kali ini, di samping beberapa kandidat lain dari partai minoritas. Mereka diantaranya Nigel Farage dari Partai Reform UK, Rishi Sunak sang petahana dari Partai Konservatif, dan Keir Starmer dari Partai Buruh.

Tiga kandidat PM Inggris lainnya berasal dari partai minoritas di parlemen Inggris. Ketiga kandidat PM ini yaitu Ed Davey dari Partai Demokrat Liberal, John Swinney dari Partai Nasional Skotlandia (SNP), dan Carla Denyer dari Partai Hijau. (mtr/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles