17.2 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Mengenal Sosok Wanita Sipil Pertama yang Berhasil ke Luar Angkasa

Uni Soviet, MISTAR.ID

Masih mengenal Valentina Vladimirovna Tereshkova? Dia adalah wanita pertama yang terbang ke luar angkasa dan menjadi astronot wanita pertama dari Uni Soviet pada tahun 1962.

Menurut situs European Space Agency (ESA), Rabu (29/5/24), Valentina Tereshkova lahir di Rusia pada 6 Maret 1937.

Ayahnya bekerja sebagai pengemudi traktor dan ibunya bekerja di sebuah pabrik tekstil. Sejak muda, Valentina tertarik pada terjun payung dan melakukan lompatan pertamanya pada usia 22 tahun pada Mei 1959.

Awal mula Tereshkova mengikuti pemilihan astronot wanita saat pemerintah Uni Soviet membuka seleksi untuk peserta pelatihan kosmonaut wanita. Tujuan seleksi ini adalah untuk memastikan bahwa wanita pertama di luar angkasa adalah warga negara Soviet. Saat terpilih sebagai kosmonaut, dia masih bekerja sebagai pekerja tekstil di sebuah perusahaan lokal.

Baca juga: NASA Tunda Peluncuran Pesawat Luar Angkasa Starliner Milik Boeing

Valentina Tereshkova mengikuti seleksi pada 16 Februari 1962, bersaing dengan lebih dari 400 pelamar. Lima wanita, termasuk Valentina, dipilih untuk bergabung dengan korps kosmonaut. Empat kandidat lulus ujian akhir pada November 1962 dan ditugaskan sebagai letnan di angkatan udara Soviet.

Valentina Tereshkova juga menjadi warga sipil pertama yang terbang ke luar angkasa, karena pangkat letnan. Penerbangannya berlangsung pada 16 Juni 1963. Dalam beberapa jam, Valentina Tereshkova berkomunikasi dengan Bykovsky di Vostok 5.

Sejak saat itu, Valentina Tereshkova menjadi wanita pertama yang menginjakkan kaki di luar angkasa pada usia 26 tahun. Dia mengorbit bumi sebanyak 48 kali dalam 70,8 jam atau kurang dari tiga hari.

Related Articles

Latest Articles