21.9 C
New York
Tuesday, May 21, 2024

Iran Klaim Sudah Beritahu AS Soal Serangan ke Israel

Tehran, MISTAR.ID

Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amir-Abdollahian mengklaim pihaknya telah memberitahu Amerika Serikat (AS) sebelum melancarkan serangan ke Israel. Pemberitahuan tersebut disampaikan kepada AS setelah Iran juga memberikan pemberitahuan kepada negara-negara tetangga dengan batas waktu 72 jam.

Nick Heras, seorang analis dari New Lines Institute for Strategy and Policy, menyatakan bahwa serangan Iran pada Sabtu (13/4/24) lalu dilakukan sebagai bentuk perlindungan diri dan menjaga kehormatan Iran.

“Eskalasi yang terjadi baru-baru ini di Timur Tengah berkaitan dengan hubungan AS dan Iran. Sedangkan Israel hanya sebagai salah satu area konflik,” kata Nick, Senin (15/4/24).

Baca juga: Iran Serang Israel

Kini, Iran telah menyita sebuah kapal kontainer milik Israel. “Operasi janji jujur Iran telah mencapai tujuannya,” jelas Kepala Staf Angkatan Bersenjata Iran, Mohammad Bagheri.

Sejak serangan Iran ke Israel telah meningkatkan eskalasi konflik di Timur Tengah.

“Sekarang adalah waktu untuk mengurangi ketegangan dan eskalasi,” kata Sekjen PBB Antonio Guterres saat pertemuan Dewan Keamanan untuk membahas serangan Iran.

“Timur Tengah berada di ambang kehancuran. Orang-orang di kawasan ini menghadapi ancaman konflik berskala penuh yang merusak,” tambahnya. (berbagai sumbe/hm20)

Related Articles

Latest Articles