19.8 C
New York
Wednesday, July 3, 2024

Balon Sampah Kiriman Korut, Gagalkan Ratusan Penerbangan di Korsel

Korsel, MISTAR.ID

Sebanyak 115 penerbangan di Korea Selatan (Korsel) gagal terbang, lantaran adanya balon-balon sampah kiriman dari Korea Utara (Korut) yang terjadi belakangan ini ke Seoul.

Seperti yang diungkapkan anggota parlemen Korsel, Jeong Jun Ho. ”Ini imbas kiriman balon sampah Korut sejak Mei. Berdasarkan catatan terbaru Kementerian Transportasi Korsel ada 115 penerbangan yang batal,” katanya yang dikutip dari AFP, Rabu (3/7/24).

Ia mengungkapkan ada 15 pesawat termasuk dari Amerika Serikat terpaksa melakukan pendaratan alternatif dari yang semestinya di Bandara Incheon tetapi berakhir di Bandara Cheongju.

Setidaknya 10.000 penumpang terdampak imbas pengiriman balon-balon sampah ini. Para investor pun disebut mulai was-was karena ancaman Korut tersebut.

“Kami mendesak pihak berwenang untuk bertindak lebih lanjut untuk mencegah aktivis mengirim balon ke Korut,” terangnya.

Baca juga: Mengerikan! Maskapai Korsel Boeing 737 MAX 8 Sempat Terjun Bebas di Udara

Untuk diketahui, Korut telah mengirim ribuan balon berisi sampah hingga kotoran ke perbatasan Korea Selatan. Balon-balon itu dikirim sebagai respons Pyongyang atas balon selebaran yang dikirim aktivis Seoul ke Korut.

Korut sejak awal tak terima dengan kampanye tersebut. Pyongyang khawatir informasi dari luar seperti ini dapat menimbulkan ancaman bagi pemimpin tertinggi Kim Jong Un.

Korea Utara pun berulang kali menyerukan penyetopan kampanye selebaran itu.

Korea Selatan tidak bisa memberikan sanksi kepada aktivis atas tindakan ini karena putusan pengadilan pada 2023. Putusan itu menyatakan larangan terhadap tindakan aktivis merupakan pelanggaran atas kebebasan berbicara ancaman Korut tersebut.

“Kami mendesak pihak berwenang untuk bertindak lebih lanjut untuk mencegah aktivis mengirim balon ke Korut,” terangnya. (cnn/hm25)

 

Related Articles

Latest Articles