26.5 C
New York
Wednesday, July 10, 2024

Mengerikan! Maskapai Korsel Boeing 737 MAX 8 Sempat Terjun Bebas di Udara

Jakarta, MISTAR.ID

Maskapai Korea Selatan (Korel) jenis Boeing 737 MAX 8 terjun bebas di udara. Pesawat ini teregistrasi bernomor penerbangan KE189. Dilansir The Straits Times, pesawat itu lepas landas dari Bandara Internasional Incheon di Seoul, Korsel, 22 Juni, pukl 16.45 waktu setempat.

Sejumlah fakta mengenai peristiwa ngeri tersebut dihimpun dari pemberitaan internasional hingga Senin (24/6/2024) malam.

Pesawat Korean AIR KE189 itu terbang membawa 125 penumpang. Mereka semua mengalami penundaan penerbangan gara-gara ada peristiwa terjun bebas di udara.

Penerbangan dilanjutkan pada 23 Juni alias sehari kemudian dengan pesawat berbeda. Penerbangan itu berarti 19 jam setelah jadwal keberangkatan awal.

Baca juga:Jumlah Penumpang Pesawat Terjun Bebas 80 Persen

Media Taipei Times melaporkan, beberapa penumpang, yang tiba pada pukul 12.24 waktu setempat di Bandara Internasional Taichung, mengatakan mereka ketakutan dan tidak akan melakukan penerbangan untuk sementara waktu.

Sekitar 50 menit setelah keberangkatan, ada peringatan tentang gangguan pada sistem tekanan udara pesawat Boeing 737 MAX 8 ini. Informasi ini dilaporkan media Korsel JoongAng Daily. Sistem tekanan pesawat mengatur tingkat tekanan di dalam pesawat.

Pesawat itu terjun bebas selama 15 menit karena malfungsi pada sistem tekanan kabin pesawat. Data situs pelacakan penerbangan Flightradar24 menunjukkan pesawat turun sekitar 26.900 kaki dalam waktu seperempat jam. 26.900 kaki berarti sekitar 8 km.

26.900 kaki berarti sekitar 8 km. Kata Dimsum Daily Hongkong, pesawat itu jatuh dari ketinggian 30 ribu kaki ke 9 ribu kaki.

Baca juga:Pesawat Susi Air Dibakar TPNPB-OPM, Pilot dan Penumpang Disandera

Dari Korea JoongAng Daily, Kementerian Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi, mengatakan Tidak ada korban luka parah yang dilaporkan. Namun sebanyak 15 penumpang menderita hiperventilasi atau nyeri pada gendang telinga, dan 13 orang di antaranya dibawa ke rumah sakit setelah pesawat mendarat.

Penerbangan tersebut kembali ke Bandara Internasional Incheon sekitar pukul 19.40, sekitar tiga jam setelah lepas landas.

Juru bicara Korean Air dilaporkan mengatakan bahwa maskapai tersebut saat ini sedang menyelidiki penyebab pasti insiden tersebut, dan berencana untuk melakukan pemeliharaan pada pesawat tersebut setelah pemeriksaan. (antara/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles