13.9 C
New York
Friday, April 12, 2024

36 Tentara Rezim Assad Tewas dalam Serangan Israel di Suriah

Damaskus, MISTAR.ID

Sebanyak 36 tentara rezim pemerintah Presiden Bashar al-Assad dinyatakan tewas, dalam serangan udara yang dilakukan militer Israel di wilayah Provinsi Aleppo, Suriah, Jumat (29/3/24).

“Serangan Israel menargetkan daerah dekat depot roket milik kelompok Hizbullah Lebanon,” kata Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris, yang memiliki jaringan sumber yang luas di Suriah.

Kelompok pemantau perang menyatakan sedikitnya 36 tentara tewas dan puluhan lainnya luka-luka. Kantor berita pemerintah Suriah, SANA, melaporkan serangan militer Zionis Israel terjadi menjelang fajar, menewaskan dan melukai beberapa warga sipil serta sejumlah personel militer.

“Kira-kira pukul 01.45 pagi, musuh Israel melancarkan serangan udara dari arah Athriya, tenggara Aleppo,” ucap sumber militer Suriah kepada SANA.

Baca Juga : Serangan Israel Tewaskan 8 Orang di Lebanon

Sumber menambahkan, warga sipil dan personel militer telah tewas dan terluka dalam serangan udara Israel. Militer Israel tidak menolak dan juga tidak mengonfirmasi serangan udara di Suriah.

“Kami tidak akan mengomentari laporan media asing,” kata militer Israel kepada AFP.

Israel telah melancarkan ratusan serangan udara terhadap sasaran-sasaran di Suriah sejak perang saudara pecah pada tahun 2011, terutama menargetkan kelompok milisi yang didukung Iran, termasuk Hizbullah Lebanon, serta posisi tentara Suriah. Serangan tersebut meningkat sejak perang Israel dengan Hamas, sekutu Hizbullah, dimulai pada 7 Oktober 2023. (snc/hm24)

Related Articles

Latest Articles