19 C
New York
Saturday, September 28, 2024

1.100 Jemaah Haji Meninggal di Saudi, Lebih Setengah Berasal dari Mesir

Kairo, MISTAR.ID

Sebanyak 1.100 orang jemaah haji diyatakan meninggal dunia pada tahun ini. Efek panas ekstrem disebut oleh pemeintah Aab Saudi sebagai pemicunya. Dilansir Deutsche Welle dan Channel News Asia, Minggu (21/6/2024), pejabat senior Saudi membela pengelolaan ibadah haji yang dilakukan kerajaan setelah berbagai negara melaporkan lebih dari 1.100 jemaah meninggal.

“Negara tidak gagal, tapi ada kesalahan penilaian di pihak masyarakat yang tidak menyadari risikonya,” kata pejabat tersebut kepada AFP dalam komentar pertama pemerintah mengenai jumlah jemaah yang meninggal.

Penghitungan AFP pada hari Jumat, yang mengumpulkan pernyataan resmi dan laporan dari diplomat yang terlibat dalam respons tersebut, menyebutkan jumlah jemaah haji meninggal mencapai 1.126 orang, lebih dari separuhnya berasal dari Mesir.

Pejabat senior Saudi mengatakan pemerintah Saudi telah mengkonfirmasi 577 kematian dalam 2 hari tersibuk ibadah haji: Sabtu (15/6/24) ketika jamaah berkumpul di Arafah dan Minggu (16/6) ketika jemaah melakukan ritual di Mina.

Baca juga:557 Jemaah Haji Meninggal di Arab Saudi, 165 Warga Indonesia

“Ini terjadi di tengah kondisi cuaca buruk dan suhu yang sangat ekstrem,” ujar pejabat tersebut. Ia pun mengakui bahwa jumlah 577 jemaah haji hanya sebagian dan tidak mencakup seluruh jamaah haji yang secara resmi berakhir pada Rabu (19/6/24).

Haji adalah salah satu dari lima rukun Islam dan semua umat Islam yang mampu harus menyelesaikannya setidaknya satu kali seumur hidup. Pejabat Saudi sebelumnya mengatakan 1,8 juta jemaah haji ambil bagian tahun ini, jumlah yang sama dengan tahun lalu, dan 1,6 juta datang dari luar negeri.

Haji, yang waktunya ditentukan oleh kalender Hijriah, jatuh lagi tahun ini selama musim panas yang terik di Saudi. Suhu mencapai 51,8 derajat Celcius di Masjidil Haram di Makkah pada hari Senin (17/6/24).

Jemaah yang tidak terdaftar tidak memiliki akses terhadap fasilitas yang dimaksudkan untuk membuat ibadah haji lebih nyaman, termasuk tenda ber-AC.

Related Articles

Latest Articles