25.5 C
New York
Tuesday, July 2, 2024

Pelaku UMKM Terima Pendampingan dan Pembiayaan KUR Pegadaian 2024

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Layanan pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KU)R Pegadaian tahun 2024 siap membatu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) naik kelas melalui pendampingan dan cara pengajuan yang lebih mudah.

Kepala Pegadaian Cabang Pematangsiantar, Suryadi Mandala mengatakan, pihaknya melayani pinjaman dana KUR dengan 2 skema, yakni super mikro dan mikro.

“Melalui 2 jenis pinjaman KUR Pegadaian 2024 ini, UMKM bukan hanya diberikan pinjaman modal usaha secara finansial, namun juga akan senantiasa didampingi agar bisa naik kelas,” ujarnya pada mistar.id, Senin (1/7/24).

Baca juga:Harga Antam Cetak Rekor Tertinggi Dibanderol Rp1.400.000 per Gram di Pegadaian

Dukungan Pegadaian agar UMKM bisa naik kelas juga dibuktikan, dengan membuka diri kepada nasabah yang sudah meminjam KUR super mikro untuk melakukan graduasi atau naik kelas menjadi nasabah KUR mikro.

“KUR super mikro adalah pinjaman dana KUR dengan plafon maksimal Rp 10.000.000. Sedangkan KUR mikro di Pegadaian Rp 50.000.000. Karena maksimal plafon pinjaman sebesar Rp 50.000.000,” jelasnya.

Suryadi menambahkan, pembinaan kepada UMKM juga dilakukan Pegadaian melalui pinjaman skema KUR yang diatur. Bagi calon nasabah yang belum pernah meminjam KUR, maka hanya bisa mengajukan pinjaman KUR super mikro.

Baca juga:Harga Emas di Pegadaian Turun, UBS 0,5 Gram Dibanderol Rp727.000

Selanjutnya, jika pinjaman KUR super mikro ini sudah lunas dibayar dengan kolektibilitas lancar, maka nasabah bersangkutan dipersilahkan untuk mengajukan pinjaman KUR mikro Rp 50.000.000.

“Namun jika sebelumnya calon nasabah sudah pernah meminjam KUR super mikro di lembaga penyalur KUR manapun, maka bersangkutan tetap bisa langsung mengajukan KUR mikro di Pegadaian,” pungkas Suryadi.

Selain itu, dalam masa kredit, Pegadaian juga membuka diri untuk melakukan pendampingan kepada nasabah. Itu mulai dari strategi pengembangan usaha maupun hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan. (abdi/hm16)

Related Articles

Latest Articles