32.1 C
New York
Thursday, July 18, 2024

Katak Kutu Dinobatkan Vertebrata Terkecil di Bumi

Lima, MISTAR.ID

Informasi menyenangkan buat para penyuka hewan kecil menggemaskan!

Seekor katak mungil bernama Katak Kutu (Brachycephalus pulex) dinyatakan menjadi katak terkecil, bahkan vertebrata terkecil di Bumi.

Bentuk betul-betul mini, bahkan lebih kecil dari kacang polong! Kodok jantan umumnya mempunyai panjang lebih dari 7 milimeter (0,28 inci), sementara betina sedikit lebih besar dengan panjang 8 milimeter (0,32 inci). Itu berdasarkan studi teranyar yang meneliti klaimnya merupakan spesies terkecil.

Baca juga:Pertumbuhan Spesies Baru, Butuh Waktu Berapa Lama?

Dirangkum dari IFL Science, pada Kamis (15/2/24), amfibi mungil ini populer sebagai katak kutu, walaupun secara taksonomi merupakan hewan endemik di bagian selatan Bahia, Brazil.

Awalnya dideskripsikan pada tahun 2011, hanya penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk mengkonfirmasi status dewasanya dan klaimnya adalah katak terkecil di dunia.

“Mengidentifikasi katak terkecil di dunia tidak lah tugas yang gampang,” sebut tim peneliti di balik penelitian terbaru ini.

Baca juga:Apa Sebabnya Hewan Berhibernasi?

Mereka mengukur panjang tubuh 46 individu Brachycephalus pulex dan membandingkannya dengan jenis katak kecil lainnya, termasuk kodok terkecil di dunia yang sebelumnya diketahui Paedophryne amauensis.

Katak Kutu yang mungil ini menampilkan keragaman luar biasa di Bumi, serta mendorong untuk terus menjelajahi dan mempelajari alam. (sdnws/hm16)

Related Articles

Latest Articles