16.3 C
New York
Wednesday, September 11, 2024

Sekolah Penerima Bantuan Chromebook di Deli Serdang Dipungli

Deli Serdang, MISTAR.ID

Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang yang menerima bantuan Chromebook-laptop dan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mengaku dipungli sebesar Rp 1,2 juta.

Sementara sekolah yang mendapat proyek paving block juga terkena pungli sebesar Rp 1 juta. Sebelumnya, bagi sekolah yang mendapat bantuan mobiler gratis dipungli Rp 1 juta.

Hal ini dikatakan sejumlah Kepala Sekolah (Kasek) SDN di Kecamatan Lubuk Pakam yang mendapat bantuan Chromebook dan proyek paving block kepada mistar.id, Rabu (11/9/24).

“Kami resah dibuat oknum Korwilcam Disdik Lubuk Pakam. Setiap sekolah kami mendapat bantuan atau proyek, maka kami dimintai uang Rp 1 juta hingga Rp 1,2 juta setiap sekolah. Padahal anak didik di sekolah kami jumlahnya sedikit. Tak sampai 150 orang,” kata sejumlah Kasek yang minta namanya dirahasiakan.

Baca juga: Terima Bantuan Mobiler Gratis, Kepala SDN di Lubuk Pakam Dimintai Uang

Bantuan Chromebook bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Deli Serdang. Sementara proyek paving block berasal dari Disdik Deli Serdang.

Dikonfirmasi hal ini, Koordinator Wilayah Kecamatan (Korwilcam) Dinas Pendidikan Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang, Tikwan Siregar mengatakan untuk Kecamatan Lubuk Pakam ada 13 SDN yang mendapat bantuan Chromebook.

“Tidak semua SD Negeri di Kecamatan Lubuk Pakam mendapat bantuan chromebook. Begitu juga proyek paving block. Chromebook merupakan bantuan dari Kementrian, sedang proyek paving block dari Disdik Deli Serdang,” jawab Tikwan saat dikonfirmasi.

Tikwan juga membantah dirinya melakukan pungli terhadap sekolah yang mendapat bantuan maupun proyek. (sembiring/hm20)

Related Articles

Latest Articles