30.9 C
New York
Wednesday, July 10, 2024

Penegakan Hukum Tak Jalan Pasca Banjir Bandang Haranggaol, DPRD Simalungun akan Jalin Komunikasi ke Pemerintah

Simalungun, MISTAR.ID

Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakuat Daerah (DPRD) Kabupaten Simalungun Erwin Parulian Saragih bakal mencoba menjalan komunikasi terhadap pemerintah pasca banjir bandang di Haranggaol Horison yang disebabkab pecahnya tanggul di Kecamatan Purba Tongah, Kabupaten Simalungun pada Rabu (20/12/23) lalu.

“Kita akan coba koordinasi dengan pemerintah setempat. Terkait lingkungan hidup juga kita akan koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup, terkait hal itu akan kami telusuri kembali,” ujar Erwin Parulian Saragih wakil dewan dari Dapil I Simalungun.

Lanjutnya lagi, upaya untuk kembali menelusuri penyebab banjir bandang di Haranggaol Horison tersebut pun akan dilakukan disela-sela pembahasan di lembaga DPRD Simalungun.

“Kita dari Komisi I akan menjadwalkan untuk melihat langsung dan mencari tahu informasi yang detail terkait penyebab banjir Haranggaol,” ujar Erwin Parulian lagi.

Sementara itu, bencana banjir bandang di Dusun Binanga Bolon, Huta Sirungkungon Nagori Purba Pasir, Kecamatan Haranggaol Horison akibat pecahnya tanggul yang berada di Nagori Purba Tongah, Kacamatan Purba, Kabupaten Simalungun.

Baca juga:Banjir Bandang di Haragaol Akibat Bendungan Jebol Tak Kunjung Diproses Hukum

Kronologi banjir bandang

Informasi yang dihimpun mistar.id, tanggul yang pecah tersebut berada di kawasan atau tanah milik salah seorang pengusaha berinisial JD yang berada di Kecamatan Purba. Sebelum pecah, tanggul tersebut pun ada sejak dua bulan sebelum terjadi banjir.

“Sebelum ini dibendung. Ini sawah semua, adanya air yang mengalir di bawah ini. Cukup deras juga. Jadi sebelum pecah ada 1,5 Km luas air yang tergenang, rumput yang dibawah kan mati. Ya lama-lama kan tidak tahan tanahnya. Ada 25 hektare tanah pengusaha itu di sekitar tanggul ini,” ujar warga beberapa hari lalu kepada mistar.

Diketahui, air bah yang tumpah dari pecahnya tanggul buatan di Nagori Purba Tongah, Kacamatan Purba itupun mengalir deras hingga merusak kolam ikan milik warga setempat hingga membanjiri rumah-rumah warga di Nagori Dusun Binanga Bolon, Huta Sirungkungon Nagori Purba Pasir, Kecamatan Haranggaol Horison, Kabupaten Simalungun.

Pasca banjir, pihak kepolisian dan juga Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) II Pematang Siantar melakukan penyelidikan atas banjir bandang yang terjadi di Nagori Purba Pasir, Kecamatan Haranggaol, Kabupaten Simalungun.

Related Articles

Latest Articles