20.4 C
New York
Friday, July 19, 2024

Jelang Event PON Aceh-Sumut, Korlantas Polri Cek Kesiapan Stadion Utama

Deliserdang, MISTAR.ID

Kepala Korps Lalulintas Polri Irjen Aan Suhanan mengecek kesiapan Stadion Utama Provinsi Sumatera Utara di Desa Sena, Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang pada Jumat (19/7/24) sore.

Irjen Aan Suhanan menyebut pihaknya hanya fokus mengecek bagaimana pengamanan lalu lintas baik itu di dalam maupun di luar. Sport Center ini nantinya hanya digunakan untuk penutupan kegiatan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XXI Aceh-Sumut

“Baru kita mendapatkan persentase dari pelaksanaan venue ini atau area Sport Center ini. Untuk stadion utamanya nanti digunakan untuk closing PON XXI tahun 2024,” ujar Irjen Aan Suhanan.

Kata Aan Suhanan, dilihat dari progres pembangunan stadion utama tersebut, diperkirakan pada Minggu ke dua bulan Agustus 2024 gedung itu sudah bisa digunakan. “Minggu kedua bulan Agustus tahun 2024 mudah-mudahan project ini sudah selesai,” timpalnya.

Baca juga: DPRD Sumut Minta Seluruh Persiapan PON Rampung Juli 2024

Ditegaskan dia, pihaknya dari Korlantas Polri hanya menyoroti dampak lingkungan atau lalu lintas saja, serta rekayasa lalu lintas yang ada di lingkungan Pos Center tersebut.

Kemudian lintas-lintasan yang ada di depan gedung, lintasan masuk ke dalam gedung. Sehingga pada saat gedung itu digunakan pada PON nanti bisa berjalan dengan baik.

“Karena sudah ada venue-venue yang digunakan, ada yang digunakan atletik, beladiri, voli yang sudah dilaksanakan di sini,” timpalnya lagi.

Kata dia, seluruh venue-venue yang telah dibangun maupun dalam progres pembangunan akan dioperasikan pada saat PON ke-21.

Baca juga: Persiapan PON ke Pulau Jawa, Tim Sepakbola Putra Sumut Akan Tantang Bhayangkara FC

“Tugas kami untuk ikut serta semua pemangku kepentingan untuk ikut serta memberikan masukan bagaimana alur masuk dan keluar di di area sini sehingga tidak menimbulkan kemacetan  di dalam maupun di luar,” ujarnya.

Sementara itu disinggung terkait metode pengamanan seperti apa yang akan diterapkan nantinya. Irjen Aan Suhanan mengatakan, untuk pengamanan sudah ada Standar Operasional Prosedur (SOP).

“Untuk pengawalan sendiri sesuai SOP yang kami berlakukan, yang pertama adalah tamu VIP, kontingen, untuk memastikan kontingen ini bisa sampai tepat waktu di venue. Kita akan kawal,” timpalnya lagi.

Baca juga:Persiapan PON  2024 Sesuai Target, Pj Gubernur Ajak OPD Jaga Semangat

Ditegaskan Aan Suhanan, seluruh tamu VIP ataupun kontingen nantinya akan di pastikan tidak mendapatkan hambatan lalu lintas.

“Nanti kuncinya dari akomodasi, dari hotel ke venue ini akan mendapatkan hambatan di jalan karena arus lalu lintas. Ini akan kita pastikan semua kontingen semua cabang olahraga yang akan masuk ke venue masing-masing ini dipastikan tepat waktu,” tegas Pati Polri itu.

Sementara untuk di stadionnya sendiri sudah ada pengamanannya, ada pengamanan internasional sesuai SOP yang ada. Untuk pengamanan di dalam akan disesuaikan dengan jumlah pengunjung yang ada. (matius/hm17)

Related Articles

Latest Articles