16.1 C
New York
Sunday, May 12, 2024

Wabup Deli Serdang: Santri Berperan Besar Terhadap Kemajuan Negeri

Deli Serdang, MISTAR.ID

Wakil Bupati (Wabup) M Ali Yusuf Siregar membuka Lomba Hari Santri Nasional Tahun 2023 oleh Badan Silaturrahim Pesantren Sumatera Utara di Pesantren Madani Ikhwanul Hasanah, Jalan Glugur Rimbun-Diski, Gang Anggrek 12, Dusun II, Desa Telaga Sari, Kecamatan Sunggal, Deli Serdang, Kamis (19/10/23).

Pada kesempatan itu, Ali Yusuf mengatakan, santri berperan besar terhadap kemajuan negeri yang sudah digaungkan para ulama sejak dulu.

“Jika kita hitung kembali, hingga tahun 2023 ini, peringatan Hari Santri Nasional (HSN) baru memasuki usia ketujuh. Sungguh masih sangat muda, namun gaungan resolusi jihad bakal terus berkobar tanpa memandang umur,” paparnya.

Baca Juga: Deklarasi Pemilu Damai, Wabup Deli Serdang: Perbedaan Jangan Cederai Demokrasi

Hari santri, lanjut Ali Yusuf, diperingati sebagai bukti keberadaan negara di sisi entitas yang selama ini mengambil bagian penting dalam keberagaman dan kebhinnekaan.

Yusuf Siregar berharap, adanya Lomba Hari Santri Nasional Tahun 2023 bisa menjadi sarana silaturahmi antar santri dan para pengurus pondok pesantren (ponpes) serta ajang mengembangkan minat, bakat dan kreativitas.

“Saya berpesan, jadikanlah momentum ini sebagai ajang berekspresi dan berkreasi untuk mengasah kemampuan yang dimiliki dengan tetap berpegang teguh pada sportivitas dan kejujuran,” tandasnya.

Baca Juga: Kapolresta Deli Serdang Jalin Silaturahmi dengan MUI dan FKUB

Sebelumnya, Ketua Panitia Ustad M Hasan Elkholqiyah menjelaskan ada lima cabang perlombaan dipertandingkan yaitu Kaligrafi, Debat Bahasa Arab dan Inggris, Hadrah, Musabaqah Tilawatil Qutub dan Tahfidz 10 Juz yang diikuti 350 santri dari 34 ponpes se-Kabupaten Deli Serdang dengan jumlah 350 santri dan santriwati.

Untuk Ponpes Madani Ikhwanul Hasanah diperlombakan Kaligrafi serta Debat Bahasa Arab dan Inggris. Sementara Hadrah dan Musbaqah Tilawatil Qutub digelar di Pesantren Sawit Rejo, sedangkan Pesantren Muhammad Saman diperlombakan Tahfidz 10 Juz. (Rinaldi/hm22)

Related Articles

Latest Articles