8.7 C
New York
Monday, May 13, 2024

Orangutan Haven, Taman Perlindungan Satwa, Konservasi dan Edukasi Unik di Sumut

Medan, MISTAR.ID

Sebagian orangutan tidak dapat dilepasliarkan lagi ke hutan sebagai habitat aslinya. Untuk itu, harus ada penampungan khusus jangka panjang bagi orangutan yang tidak bisa lagi dilepasliarkan ke habitat asli mereka.

Atas dasar pemikiran itu, Yayasan Ekosistem Lestari (YEL) berinisiatif untuk membangun Orangutan Haven sebagai rumah jangka panjang bagi satwa langka tesebut.

Berlokasi di  Jalan Letnan Jenderal Jamin Ginting, Bintang Meriah, Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, YEL dan sejumlah instansi terkait membangun fasilitas Orangutan Haven.

Baca Juga: Bupati Toba: Peran Media Penting Sukseskan Aquabike Jetski World Championship

Hetty Berliana Damanik mengatakan, tempat ini didedikasikan untuk memberikan pengalaman inspiratif dan informatif serta edukasi alam bagi masyarakat luas.

Berbagai hal terkait lingkungan dapat dipelajari di Orangutan Haven, mulai dari belajar spesies seperti orangutan dan habitatnya, konstruksi berkelanjutan, pertanian organik, energi terbarukan dan banyak topik lingkungan hidup lainnya.

Inisiatif Awal Orangutan Haven

Inisiatif Orangutan Haven berawal dari pengalaman YEL bersama Balai Besar KSDA Sumatera Utara, melalui Program Konservasi Orangutan Sumatera (Sumatera Orangutan Conservation Program-SOCP) sejak tahun 2001 yang telah melepasliarkan lebih dari 350 orangutan ke habitatnya di hutan dengan tujuan membangun populasi orangutan liar baru yang mandiri.

Seiring perjalanan waktu, beberapa orangutan ternyata tidak dapat dilepasliarkan ke alam karena kebutaan, gangguan fisik maupun psikis.

Related Articles

Latest Articles