22.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Bupati Pakpak Bharat Serahkan Bantuan 129 Unit Alsintan untuk Kelompok Tani

Pakpak Bharat, MISTAR.ID

Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor membagikan ratusan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) bagi kelompok tani.

Bantuan alat pertanian tersebut dari Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian, Kementerian Pertanian RI guna membantu pengembangan program Food Estate (lumbung pangan baru) di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Kamis (14/12/23).

Baca juga : Bupati Pakpak Bharat Lantik 13 Kepala Desa Hasil Pilkades Serentak

Bupati menjelaskan bantuan alsintan ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah yang sangat serius pada sektor pertanian demi mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis, menitikberatkan pada upaya mewujudkan kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani.

“Salah satu upaya yang kita lakukan yaitu dengan membangun kawasan lumbung pangan baru di Desa Ulumerah, Kecamatan Sitellu Tali Urang Julu,” jelasnya.

Baca juga : Gebyar HGN 20203, Pemkab Pakpak Bharat Apresiasi Guru Penggerak

Diharapkan dengan adanya alat mesin pertanian ini, lanjutnya, dapat mendorong produktivitas hasil pertanian, mendorong sektor pertanian ke arah yang maju, mandiri, dan modern, meningkatkan luas garapan, intensitas tanam, efisiensi usaha tani, mengurangi kehilangan hasil, serta meningkatkan mutu dan nilai tambah produk pertanian.

Bantuan alsintan ini berupa cultivator 50 unit, hand sprayer 25 unit, kendaraan roda tiga 20 unit, traktor roda empat 20 unit, pompa air 10 unit, dan cornseller 4 unit. (sampang/hm18)

Related Articles

Latest Articles