24.9 C
New York
Saturday, June 29, 2024

Viral Video Forkopimda Dukung Paslon Presiden, Bawaslu: Tak Ada Pelanggaran

Batu Bara, MISTAR.ID

Ketua Bawaslu Kabupaten Batu Bara M Amin Lubis memastikan tidak ada pelanggaran Pemilu pada rekaman video yang viral di media sosial.

Amin menjelaskan kesimpulan tersebut berdasarkan pemeriksaan maraton terhadap Forkopimda yang ada dalam rekaman video berdurasi 2 menit tersebut.

“Kita telah ambil keterangan Dandim 0208 Asahan, Kapolres Batu Bara, Kajari Batu Bara dan Pj. Bupati Batu Bara. Ternyata dari rekaman pemeriksaan tersebut tidak ada kesamaan suara dengan suara yang terdengar dalam rekaman video,” tegas Amin dalam temu pers, Senin (15/1/24).

“Jadi berdasarkan itu dan setelah rapat pleno kita simpulkan suara dalam rekaman video bukan suara dari Forkopimda yang disebutkan dalam rekaman video yang vital tersebut. Dengan demikian tak ada pelanggaran Pemilu” ujarnya lagi.

Amin mengatakan pihaknya hanya menangani pelanggaran Pemilu. Sedangkan bila ada kasus pidana di dalamnya itu ranah kepolisian.

Baca juga: Format Debat Pilpres 2024 Tak Akan Diganti

Sekedar diketahui, sejak video yang berisi percakapan yang disebutkan antar Forkopimda beredar Sabtu (13/1/24) langsung viral dan menghebohkan.

Pada video itu menampilkan foto Dandim, Kapolres, Pj. Bupati dan Kajari Batu Bara terdengar suara yang mengarahkan para Kepala Desa di Kabupaten Batu Bara untuk memilih salah satu paslon Presiden/Wakil Presiden.

Bahkan pada suara yang terdengar disebutkan dari setiap desa dana untuk pemenangan paslon tersebut yang diambil dari Dana Desa.

Sontak, Kapolres, Pj Bupati dan Forkopimda lainnya langsung menyebutkan video tersebut hoax. Bahkan Kajari Batu Bara Amru E Daulay mengaku telah membuat laporan ke Polres Batu Bara serta Bawaslu Kabupaten Batu Bara. (ebson/hm17)

Related Articles

Latest Articles