28.7 C
New York
Thursday, May 9, 2024

Tim Pemenangan Caleg Golkar Laporkan Kejadian Khusus ke Bawaslu Dairi

Dairi, MISTAR.ID

Puluhan warga yang merupakan tim pemenangan Nganui Silalahi, calon legislatif (caleg) DPRD Partai Golkar daerah pemilihan (dapil) IV Kabupaten Dairi mendatangi Kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) setempat di Jalan Ahmad Yani Sidikalang, pada Jumat (1/3/24).

Kedatangan mereka melaporkan sejumlah catatan keberatan dan kejadian khusus pada Pemilu 14 Februari 2024 lalu.

Kepada mistar.id, 2 orang pelapor atas nama Anju Silalahi dan Anjas Silalahi menyampaikan bukti penyampaian laporan nomor 004 dan 005/LP/PL/KAB.DAIRI/02.11/II2024 dan LP/PL/KAB.DAIRI/02.11/III2024.

Baca juga:Kualitas Komisioner Bawaslu Dairi Diragukan Soal Penerapan Aturan Pemilu

Dengan lampiran dugaan kejadian khusus bentuk dokumen C1 DPRD Kabupaten/Kota di sejumlah tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 7 lembar, 2 lembar keberatan tulisan tangan dan 2 lembar foto.

Anju dan Anjas berharap, laporan tersebut diproses secara cermat oleh Bawaslu, dengan alasan sangat banyak kejanggalan ditemui saat pemungutan suara berlangsung di TPS.

“Ini termasuk permohonan buka kotak suara agar dihitung ulang pada rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan suara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) tidak diakomodir, dengan alasan yang normatif, yaitu Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) salah penulisan,” kata Anjas.

Baca juga:Ketua Partai dan Caleg Bagi Uang saat Kampanye, Ini Respons Bawaslu Dairi

Komisioner Bawaslu Kabupaten Dairi ketika dicoba dihubungi belum berhasil, sehubungan masih mengikuti proses rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten. (manru/hm 16)

Related Articles

Latest Articles