12.1 C
New York
Friday, October 18, 2024

Lembaga Survei Australia Ungkap Keunggulan Elektabilitas Ganjar

Jakarta, MISTAR.ID

Tingkat elektabilitas Calon Presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo disebut mengungguli nomor urut 1 Anies Baswedan dan nomor urut 2 Prabowo Subianto.

Ini sesuai jajak pendapat yang dilakukan Roy Morgan Poll, lembaga survei yang bermarkas di Melbourne, Australia itu.

Elektabilitas eks Gubernur Jawa Tengah (Jateng) itu menyentuh angka 38 persen. Angka itu mengalami peningkatan 10 persen mulai kuartal Maret 2023.

Baca juga:ASI Rilis Survei Terbaru Capres-Cawapres di Pulau Jawa

Roy Morgan Poll mengungkapkan, Ganjar tangguh di Pulau Jawa. Ganjar menerima dukungan hingga 40 persen. Sementara itu, Prabowo 29 persen dan Anies 25 persen.

Di Sumatera, pulau terpadat kedua di Tanah Air, kekuatan Ganjar dan Prabowo seimbang. Keduanya sama-sama mendapat 33 persen. Sementara itu, eks Gubernur DKI Jakarta menerima 28 persen.

Dipaparkan juga Prabowo unggul dengan perolehan suara 42 persen Di Sulawesi, sedangkan Ganjar 33 persen dan Anies 22 persen. “Prabowo 30 persen juga unggul tipis atas Ganjar 25 persen dan Anies 25 persen di Pulau Kalimantan,” sebut Roy Morgan Poll, seperti dilansir, pada Sabtu (16/12/23).

Baca juga:Survei Hingga Desember 2023, Prabowo-Gibran Unggul

Survei dilakukan sebelum ketiga kandidat unggulan resmi mengumumkan pasangan Calon Wakil Presiden (Cawapres) dan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mengkonfirmasi pencalonannya pada akhir Oktober 2023

Pelaksanaan jajak pendapat antara bulan Juli-September 2023 melibatkan 2.630 responden yang terdata sebagai pemilih berusia 17 tahun ke atas. (cnn/hm16)

Related Articles

Latest Articles